Jumat 27 Aug 2021 16:03 WIB

Manfaat Makan Salmon, Jantung Sehat dan Sumber Antioksidan

Studi menyebutkan banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan mengonsumsi salmon.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Studi menyebutkan banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan mengonsumsi salmon.
Foto: pixabay
Studi menyebutkan banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan mengonsumsi salmon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan bertekstur lembut yang mudah diolah untuk dikonsumsi. Selain itu, banyak manfaatnya bagi tubuh, salah satunya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dilansir dari Eatthis pada Jumat (27/8), terdapat studi yang menyatakan kalau konsumsi ikan salmon bisa memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Berikut efek rahasia jika makan ikan salmon.

Baca Juga

 

1. Mendapatkan Vitamin B12

Pernahkah Anda merasa sangat lelah dan lesu, hanya untuk meminta seseorang merekomendasikan suplemen B12 kepada Anda? hal ini karena vitamin B12 merupakan nutrisi penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan sel darah dalam tubuh.

Ketika kekurangan B12, mungkin mengalami kelemahan, penurunan berat badan dan bahkan depresi. Dan menurut National Institute of Health, orang membutuhkan B12 untuk membantu mencegah anemia megaloblastik, masalah darah yang dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan.

Kabar baiknya adalah salmon dipenuhi dengan vitamin B12 sebagai perbandingan, asupan harian B12 yang direkomendasikan adalah 2,4 mikrogram, dan ada sekitar 2,38 mikrogram B12 dalam 3 ons.  

 

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.  Anda dapat menemukan omega-3 dalam hal-hal seperti biji rami, biji chia, kacang-kacangan tertentu dan Anda dapat menebaknya salmon. Salmon adalah salah satu sumber terkaya dengan sekitar 2.260 miligram omega-3 per 3,5 ons.

Menurut Circulation, asam lemak omega-3 membantu jantung dengan menurunkan kadar trigliserida (lemak yang dibawa dalam darah) dan meningkatkan kadar kolesterol "baik" tubuh yang menurunkan risiko penyakit jantung.

 

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes'dan nyeri kronis.  Untungnya, asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam salmon dan ikan berlemak lainnya telah dikaitkan dengan pengurangan peradangan.

Menurut laporan dari Biochemical Society Transactions, EPA dan DHA (dua jenis asam lemak omega-3) dapat memiliki efek anti-inflamasi pada membran sel. Omega-3 dalam bentuk suplemen bahkan memberikan hasil anti-inflamasi yang positif pada beberapa pasien dengan rheumatoid arthritis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement