Jumat 27 Aug 2021 06:34 WIB

BTS Respons Tuduhan Manipulasi Tangga Lagu Billboard

BTS dituduh memanipulasi pembelian lagu Butter agar bertengger di chart Billboard.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Lewat lagu Butter, BTS menduduki puncak Billboard Hot 100 selama sembilan pekan, dan tetap berada di 10 besar selama 13 pekan berturut-turut.
Foto:

Terlepas dari tuduhan ofensif yang menuduh ARMY (fandom BTS) memanipulasi tangga lagu, leader BTS Kim Nam-joon mengembalikan persoalan kepada Billboard. Ia menyarankan agar Billboard mengubah aturannya sendiri, seperti streaming atau pemutaran radio, jika memang peduli dengan penjualan lagu.

"Tetapi jika ada percakapan di dalam Billboard tentang apa yang harus diwakili posisi No. 1, maka terserah mereka mengubah aturan dan membuat streaming lebih membebani peringkat," ujar pemilik nama panggung RM itu.

RM kemudian membela penggemarnya mengenai tuduhan manipulasi tangga lagu,dengan memanfaatkan celah-celah yang ada. Menurutnya, BTS memang punya basis penggemar yang kuat.

"Menuduh kami atau penggemar kami untuk membuat BTS mencapai No. 1 dengan penjualan dan unduhan lagu, saya tidak tahu apakah tudingan itu bisa dibenarkan. Kami adalah boy band, artis K-pop, yang memiliki penggemar dengan loyalitas yang tinggi," ujar rapper kelahiran 12 September 1994 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement