Sabtu 21 Aug 2021 14:46 WIB

Simak Pola Makan Ini Untuk Kelola Gula Darah

Pola makan atau diet Mediterania bagus untuk kelola darah penderita diabetes

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pola makan ala diet Mediterania mengandung banyak sayur dan buah. Pola makan atau diet Mediterania bagus untuk kelola darah penderita diabetes
Foto: Wikimedia
Pola makan ala diet Mediterania mengandung banyak sayur dan buah. Pola makan atau diet Mediterania bagus untuk kelola darah penderita diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Untuk menjaga gula darah tetap stabil, penderita diabetes tipe 1 atau 2 bisa mengelola kadar gula darah mereka untuk mengindari komplikasi kesehatan. Jika Anda menderita diabetes atau mungkin berisiko, lakukan cara makan sehat dan teratur untuk mengatasinya.

Secara umum menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, penderita diabetes, perlu mendapat sebagian besar nutrisi dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dan susu.

Lebih lanjut, makanan terbaik untuk penderita diabetes adalah sayuran non-tepung seperti sayuran hijau, brokoli, paprika, dan tomat. Biji-bijian utuh seperti oatmeal, beras merah, dan roti gandum. Dan buah-buahan seperti melon, apel, dan pisang. Protein tanpa lemak seperti ikan, ayam panggang, dan kacang-kacangan.

"Makanan tinggi protein dan lemak sehat adalah yang terbaik untuk diet diabetes, seperti daging sapi, ayam, dan ikan," kata John Burd, PhD, seorang peneliti klinis dan inovator pendiri Lysulin, dikutip insider.

Namun demikian, perlu diingat, makanan yang perlu dihindari mulai dari makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula tambahan. Khusus minuman manis, hindari jus atau soda. Untuk makanan manis dan olahan hindari kue atau permen. Dan karbohidrat sederhana hindari roti putih atau biji-bijian olahan seperti sereal, dan makanan yang digoreng seperti donat atau ayam goreng.

Tak sampai di sana, jika memang berencana menyusun pilihan makan yang tepat, berikut adalah tiga pilihan yang baik berdasarkan studi.

1. Diet Mediterania

Difokuskan pada makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan, serta protein ikan dan lemak sehat dari minyak zaitun. Dalam studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetic Medicine menemukan bahwa pasien yang mengikuti diet mediterania lebih ketat, memiliki pengukuran HbA1c yang lebih rendah.

Untuk menyiapkan pola diet ini, Anda bisa menyantap sarapan Greek yogurt dengan topping buah beri dan kacang. Lalu disusul makan siang salad dengan minyak zaitun, salmon, dan roti pita gandum. Makan malam, kerak pizza gandum utuh dengan sayuran dan keju rendah lemak. Dan khusus untuk camilan: Kacang-kacangan, buah-buahan, atau telur rebus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement