Sabtu 21 Aug 2021 05:20 WIB

Manfaat Luluran Bagi Kulit

Luluran sebaiknya dilakukan rutin agar merasakan manfaat maksimal.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ani Nursalikah
Manfaat Luluran Bagi Kulit
Foto: healthliving
Manfaat Luluran Bagi Kulit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu perawatan kulit tubuh yang masih digemari masyarakat adalah luluran. Selain membuat kulit menjadi lebih bersih, kencang, dan terawat, luluran juga bisa menjadi kegiatan yang membuat rileks tubuh. 

Di zaman modern seperti sekarang, luluran bisa menggunakan scrub wajah alih-alih lulur tradisional. Menurut siaran pers yang diterima Republika.co.id dari St. Ives, Jumat (20/8), perawatan lulur menggunakan bahan alami sebaiknya diaplikasikan ke kulit dua kali dalam satu pekan untuk badan. Sedangkan untuk wajah tiga sampai empat kali dalam satu pekan. 

Baca Juga

Berikut beberapa manfaat lulur tradisional atau scrub wajah. 

Mengangkat sel kulit mati

Lulur berfungsi membantu mengeksfoliasi sel kulit mati. Penggunaan sabun pembersih biasa hanya dapat menghilangkan kotoran yang menempel di kulit, namun tidak membantu mengangkat sel kulit mati serta membersihkan minyak berlebih hingga ke pori.

Mencerahkan kulit dan memberikan efek relaksasi

Butiran halus pada bahan lulur tradisional diyakini bisa membuat kulit kusam akibat lelah menjadi lebih cerah. Jenis lulur yang biasa digunakan untuk kebutuhan ini salah satunya lulur dengan bahan kopi.

Meregenerasi kulit untuk mencegah penuaan

Kulit perlu mendapatkan nutrisi agar bisa melakukan regenerasi dengan baik. Lulur sering dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ini, terutama karena kulit kerap terpapar dengan debu dan kotoran yang rentan merusak kesehatan kulit. 

Meratakan warna kulit 

Kulit tubuh terkadang menjadi belang setelah terpapar sinar matahari. Banyak perempuan yang menggunakan lulur untuk kembali menyamakan warna kulitnya agar sama seperti sebelumnya. Face scrub pun bisa membantu mengatasi warna kulit wajah yang tidak merata, yang bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. 

Berbagai ekstrak bahan alami yang terkandung di dalam rangkaian produk face scrub dari St. Ives memberikan manfaat maksimal untuk kondisi kulit wajah yang berbeda-beda. Dengan rutin melakukan perawatan modern ala lulur tradisional akan memberikan manfaat optimal bagi kesehatan kulit wajah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement