Sabtu 21 Aug 2021 00:13 WIB

Inggris Perbarui Daftar 5 Gejala Covid-19 Paling Umum

Mayoritas warga Inggris telah menerima vaksin Covid-19.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sebuah papan petunjuk arah ke pusat tes Covid-19 terpasang di Bandara Heathrow di London, Inggris, 31 Juli 2021. Aplikasi Zoe yang dikembangkan University of Oxford di Inggris membantu pengguna melaporkan gejala Covid-19 yang dirasakannya.
Foto:

Artinya, risiko infeksi cukup tinggi bagi semua orang, bahkan yang sudah mendapat vaksinasi penuh. Sangat penting bagi masyarakat untuk mewaspadai lima gejala umum yang terpantau guna menilai efektivitas vaksin.

photo
Gejala Covid-19 terkait varian Delta. - (Republika)

Spector juga memperingatkan bahwa efektivitas vaksinasi bisa berkurang pada kelompok yang lebih rentan. Para pakar mendapati vaksin tidak bekerja sebaik yang diharapkan dalam menekan angka kasus parah dan rawat inap.

"Mendapatkan vaksinasi penuh tidak berarti Anda tidak dapat terinfeksi. Itu akan semakin mungkin terjadi seiring waktu sejak vaksinasi meningkat," ujar Spector, dikutip dari laman The Sun, Jumat (20/8).

Sementara, pakar lain mencemaskan musim dingin yang akan segera datang. Profesor Peter Openshaw mengatakan lonjakan jumlah kasus dan kondisi dapat terus memburuk. "Kita tidak benar-benar tahu apa yang akan terjadi saat musim dingin tiba," kata Openshaw.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement