Jumat 20 Aug 2021 19:51 WIB

5 Gejala Covid-19 Tersering pada Orang Sudah Divaksinasi

Vaksin sangat membantu mencegah atau menurunkan keparahan penyakit Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
5 Gejala Covid-19 Tersering pada Orang Sudah Divaksinasi. Relawan Satgas PPKM RW 10 memeriksa kesehatan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman).
Foto:

Berdasarkan temuan dari aplikasi tersebut, ada lima gejala yang paling sering terjadi. Kelima gejala tersebut adalah hidung berair atau beringus, sakit kepala, kehilangan penciuman, bersin, dan nyeri tenggorokan.

Ketua peneliti untuk ZOE Profesor Tim Spector mengungkapkan data yang ada saat ini menunjukkan vaksin mungkin menjadi kurang efektif seiring berjalannya waktu. Proteksi yang diberikan vaksin tampak mulai memudar.

Artinya, lanjut Profesor Spector, orang-orang yang telah divaksinasi mungkin akan bisa terinfeksi di masa mendatang. Hal ini juga berarti lansia dan kelompok rentan yang sudah mendapatkan vaksin di awal tahun, saat ini mungkin kembali berisiko sakit akibat Covid-19.

Terlepas dari itu, Profesor Spector mengatakan vaksin Covid-19 sangat membantu mencegah atau menurunkan keparahan penyakit Covid-19. Profesor Spector juga menyoroti saat ini kasus harian Covid-19 masih sangat tinggi. Akan tetapi, dia menilai peningkatan kasus yang terjadi saat ini cukup menenangkan karena tidak seperti gelombang sebelumnya.

"(Karena) angka ini belum terwujud menjadi angka yang tinggi dalam hal perawatan di rumah sakit dan kematian," ujar Profesor Spector, seperti dilansir Metro.

Sumber: https://metro.co.uk/2021/08/20/the-five-most-common-covid-symptoms-in-the-last-month-for-people-with-both-jabs-15123432/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement