Kamis 19 Aug 2021 21:01 WIB

Manfaat Vaksinasi Flu Saat Pandemi

Kapan waktu terbaik untuk mendapatkan vaksin flu setelah vaksinasi Covid-19?

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin flu. Vaksin flu tidak melindungi terhadap Covid-19 secara langsung.
Foto:

Beda flu vs Covid-19

Flu disebabkan oleh virus H1N1 dan Covid-19 disebabkan oleh virus corona tipe baru, SARS-CoV-2. Konsultan senior penyakit dalam dari Action Medical Institute Sri Balaji, Dr Arvind Aggarwal, mengatakan, Covid-19 dan flu memiliki gejala batuk, tetapi sulit untuk memprediksi bahwa vaksin terhadap virus influenza akan melindungi terhadap Covid-19.

"Keduanya berbeda dan membutuhkan mekanisme pertahanan yang berbeda. Vaksinasi meningkatkan kekebalan, tetapi tidak mungkin menyelamatkan seseorang dari Covid-19, bahkan walaupun penyakitnya menunjukkan gejala yang sama," kata Aggarwal. 

photo
Orang yang divaksin flu lebih jarang terinfeksi covid-19. - (republika)

Menurut konsultan senior dari Indian Spinal Injuries Centre, Dr Rajkumar, vaksin flu disarankan untuk setiap orang yang berusia 6 bulan atau lebih. Tetapi, perlindungan yang diberikannya bervariasi dari satu musim ke musim lainnya.

"Itu juga tergantung pada usia dan status kesehatan penerima dan kesamaan antara virus dalam vaksin dan yang beredar musim itu," kata dia. 

Bahkan, ketika kecocokan flu antara vaksin flu dan virus yang beredar baik, manfaatnya dapat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti kesehatan dan usia penerima. Tahun lalu, ketika pandemi mempengaruhi orang-orang, banyak dokter memberikan vaksin flu kepada pasien untuk menghindari infeksi ulang.

Kendati demikian, para dokter masih membutuhkan studi komprehensif tentang seberapa jauh dan baik vaksin flu dapat bekerja. Vaksin flu mungkin memang dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan gejala mirip flu pada orang yang terinfeksi Covid-19. Tetapi, ada gejala dan komplikasi lain yang mungkin tidak dapat diatasi oleh vaksin flu.

"Inilah alasan mengapa orang harus mendapatkan vaksin Covid," kata Rajkumar.

Lantas, kapan orang bisa disuntik vaksin flu kalau baru saja mendapatkan vaksin Covid-19? Menurut dr Mallika Marshall, dokter di Boston, Amerika Serikat, beri jarak dua pekan antarvaksinasi.

"Selama Anda memberi jarak dua pekan untuk mendapatkan vaksin satu dan lainnya, aman saja," kata Marshall, dikutip dari CBS Boston.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement