Jumat 20 Aug 2021 02:20 WIB

Tips Makanan untuk Kesehatan Tulang 

ulang yang tidak sehat bisa menyebabkan masalah osteoporosis dan osteoartritis.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Kacang-kacangan merupakan salah stau makanan baik untuk kesehatan tulang.
Foto: Pixabay
Kacang-kacangan merupakan salah stau makanan baik untuk kesehatan tulang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tulang yang sehat bermanfaat bagi fungsi tubuh manusia. Tulang yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah seperti osteoporosis dan osteoartritis. Selain itu, dapat meningkatkan risiko cedera dan patah tulang yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen.  Untuk menghindari hal ini terjadi, penting untuk mengatur pola makan dan gaya hidup sehat.  

Dilansir dari timesnownews Senin (16/8), kepadatan tulang memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan tulang. Namun, seiring bertambahnya usia, tulang mulai kehilangan kepadatan dan menjadi lemah seiring bertambahnya usia.

Baca Juga

Berikut beberapa makanan yang harus Anda konsumsi untuk kesehatan tulang yaitu :

Kacang-kacangan

Sertakan kacang-kacangan sebagai bagian dari sarapan atau makanan ringan Anda untuk memenuhi kebutuhan antioksidan Anda.  Kehadiran fosfor dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.  

Keju

Sumber kalsium yang kaya adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Keju harus dimasukkan dalam menu makanan Anda untuk kesehatan tulang.

Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan sumber magnesium dan vitamin K yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang.  Anda juga bisa memasukkan sayuran seperti brokoli, kangkung dan kol.  

Salmon

Makanan laut seperti salmon, tuna dan mackerel adalah sumber yang kaya protein dan asam lemak omega-3 dan vitamin D. Sertakan ini dalam menu Anda untuk kesehatan tulang dan pertumbuhan kognitif.  

Ayam

Membangun kesehatan tulang membutuhkan protein, ayam termasuk makanan yang kaya protein. Daging ayam tanpa lemak ini tidak hanya bermanfaat bagi tulang Anda tetapi juga akan mendukung kesehatan otot Anda.

Lalu, harus berolahraga secara teratur dan tetap aktif secara fisik, mengkonsumsi diet seimbang akan mengurangi gula dan makanan ultra-olahan untuk menghindari penambahan berat badan dan obesitas.  

Selain itu, dapatkan dosis nutrisi penting kesehatan tulang seperti vitamin D, magnesium, fosfor, kalsium, protein dan vitamin K. Hindari merokok karena dapat meningkatkan risiko mengembangkan kondisi kesehatan seperti masalah ginjal dan masalah tulang.  

Jangan lupa skrining untuk masalah yang berhubungan dengan tulang oleh dokter dan konsultasikan jika ada ketidaknyamanan dan rasa sakit.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement