Senin 16 Aug 2021 04:10 WIB

Tak Hanya Daging, 7 Makanan Ini Juga Kaya Protein

Protein termasuk nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Protein termasuk nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh.
Foto: picpedia.org
Protein termasuk nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Protein termasuk nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa makan lebih banyak protein bisa membantu membangun otot dan meningkatkan metabolisme.

Berbicara soal sumber protein tinggi, daging mungkin jadi hal pertama yang terpikirkan. Padahal, ada banyak makanan lain yang memiliki konsentrasi makronutrien ini lebih tinggi daripada daging. Diketahui, 100 gram daging giling mengandung 17,1 gram protein dan 254 kalori. Dilansir dari Eat This, Ahad (15/8), berikut 7 makanan yang kandungan proteinnya lebih tinggi daripada daging.

Baca Juga

1. Lentil

100 gram lentil hanya memiliki 116 kalori, dan terdiri dari 31 persen protein per kalori. Tidak hanya itu, lentil jauh lebih mengenyangkan, seratnya ramah usus dengan 7,9 gram per porsi. Lentil memberikan 19,6 persen dari kebutuhan protein harian untuk wanita, dan 16,1 persen kebutuhan protein harian untuk pria.

2. Tempe

Terbuat dari kedelai matang yang difermentasi, tempe adalah sumber protein yang sangat populer di kalangan vegan dan vegetarian. Tempe memiliki lebih banyak serat daripada tahu, dan mengandung 42,3 persen kalori dari protein, yang jauh melampaui daging sapi. Tempe bisa digoreng, ditumis maupun dibentuk sosis. Satu porsi tempe mengandung 44,1 persen AKG untuk wanita dan 36,3 persen AKG untuk pria.

3. Brokoli

Selain kaya akan vitamin dan mineral, brokoli juga adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Brokoli sangat rendah kalori, dan mengandung protein sebanyak 33 persen. Jadi pastikan Anda tidak melewatkan brokoli saat makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement