Ahad 07 Jul 2024 15:31 WIB

Cara Perbaiki Postur Tubuh, Nomor 2 Mudah Tapi Jarang Dilakukan

Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki cara duduk atau berdiri Anda.

Rep: Mgrol152/ Red: Qommarria Rostanti
Wanita mengalami masalah dengan postur tubuhnya (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Wanita mengalami masalah dengan postur tubuhnya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Postur tubuh yang buruk dapat berdampak negatif bagi Anda. Selain memengaruhi penampilan, hal ini juga dapat berdampak pada kesehatan Anda.

Sakit punggung, sakit kepala, dan kerusakan sendi hanyalah beberapa konsekuensi potensial dari postur tubuh yang buruk. Untungnya, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki cara Anda duduk atau berdiri.

Baca Juga

Siap untuk mengatasi masalah postur tubuh? Baca terus untuk mengetahui 10 tips yang didukung oleh para ahli tentang cara memperbaiki postur tubuh, berapa pun usia Anda:

1. Tingkatkan perlengkapan kantor Anda

Mengingat rata-rata pekerja menghabiskan delapan jam per hari untuk pekerjaan mereka, peralatan kantor dapat memiliki dampak luar biasa pada postur tubuh dan tingkat rasa sakit Anda. Itulah mengapa Kevin Lees, DC, ahli tulang dan direktur operasi chiropraktik untuk The Joint Corp, merekomendasikan untuk membeli meja berdiri dan kursi ergonomis. "Meja berdiri memungkinkan Anda untuk menjaga postur tubuh yang baik sepanjang hari dan meningkatkan sirkulasi Anda," kata Lees dikutip dari lama  Best Life.

2. Jaga gadget agar sejajar dengan mata

Penggunaan teknologi sering kali membuat tubuh kita membungkuk ke posisi yang tidak biasa, yang dapat melatih kita untuk menggunakan postur tubuh yang buruk sepanjang hari. Salah satu keluhan yang paling umum adalah "text neck" atau nyeri leher akibat melihat ke bawah untuk membaca teks. Demikian pula, "Mac back" mengacu pada nyeri tulang belakang yang sering dirasakan orang setelah duduk di depan komputer terlalu lama.

Lees menyarankan agar ponsel atau komputer Anda sejajar dengan mata saat mengirim pesan teks dan browsing, untuk melatih tubuh ke postur yang lebih nyaman. Menggunakan teknologi lebih jarang secara keseluruhan juga dapat memperbaiki posisi tubuh Anda.

3. Beristirahat secara teratur

Apa pun yang Anda lakukan, tidak boleh berada dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama. "Duduk dalam waktu lama, terutama dengan postur tubuh yang buruk, dapat berakibat fatal," kata Calum Fraser, fisioterapis Australia dan pemilik Advantage Physiotherapy.

Sebaliknya, Fraser merekomendasikan untuk beristirahat secara teratur setiap 30 menit untuk berdiri, melakukan peregangan, dan bergerak. "Hal ini membantu mengatur ulang posisi Anda dan mencegah kekakuan otot," jelasnya.

4. Terapkan kebiasaan tidur yang baik

Jam-jam ketika Anda tidak terjaga dan bekerja juga penting. "Cara Anda tidur dapat memengaruhi postur tubuh Anda," ujar Fraser menegaskan.

Jika memungkinkan, fisioterapis menyarankan agar Anda tidak tidur telungkup sama sekali, karena hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada leher dan ketidaksejajaran. Tapi Anda mungkin masih perlu melakukan perubahan tertentu pada posisi tidur lainnya.

"Saat tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut untuk mempertahankan lekukan normal tulang belakang," ujarnya.

"Jika Anda beristirahat di satu sisi, disarankan untuk meletakkan bantal di antara lutut agar tulang belakang tetap sejajar," kata dia lagi.

5. Angkat beban

Latihan angkat beban yang secara khusus menargetkan otot-otot punggung atas dan tulang belikat juga dapat memperbaiki postur tubuh, menurut Josh Weight, pakar kebugaran dan direktur Gravity Physio. Secara khusus, ia merekomendasikan untuk mencoba latihan baris, face pull, dan YTW, yang dinamai sesuai dengan bentuk lengan Anda saat melakukannya.

"Memperkuat otot-otot ini membantu menarik dan menstabilkan bahu, menciptakan fondasi yang kuat untuk memperbaiki postur tubuh. Punggung atas yang lebih kuat tidak hanya mendorong keselarasan yang lebih baik tetapi juga mengurangi ketegangan yang terjadi pada leher dan otot punggung bawah," kata Weight.

6. Lakukan yoga atau pilates

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC), berolahraga secara teratur idealnya setidaknya 150 menit per pekan, dapat memperbaiki postur tubuh pada usia berapa pun. Untuk hasil yang optimal, dokter merekomendasikan yoga atau pilates, yang secara bersamaan dapat membangun kekuatan inti, meregangkan otot-otot Anda, dan memperbaiki postur tubuh Anda melalui kesadaran tubuh yang lebih baik.

"Sering bergerak dan melakukan peregangan akan membuat otot-otot Anda terstimulasi dan postur tubuh Anda menjadi lebih baik," kata Lees.

"Latihan yang dirancang untuk memperkuat otot inti yang menopang tulang belakang akan menghasilkan kereta yang lebih lurus," ujarnya lagi.

7. Latih punggung Anda dengan penyangga postur tubuh

Penyangga punggung tidak pernah menjadi solusi permanen, dan beberapa ahli memperingatkan terlalu sering menggunakannya dapat melemahkan otot-otot yang Anda perlukan untuk mendapatkan postur tubuh yang lebih baik. Namun, Weight mengatakan menggunakan penyangga secara selektif dapat memberikan wawasan tentang bagaimana perasaan tubuh ketika berada dalam posisi yang tepat dan itu adalah informasi berharga untuk dimiliki saat Anda mempraktikkan kebiasaan postur tubuh yang baru.

8. Regangkan fleksor pinggul yang tegang

Kita cenderung berfokus pada punggung, leher, dan bahu ketika kita berpikir untuk memperbaiki postur tubuh, tetapi Weight mengatakan beberapa masalah postur tubuh dimulai dari fleksor pinggul. "Fleksor pinggul yang kencang dapat menyebabkan kemiringan panggul anterior, menyebabkan panggul miring ke depan dan punggung bawah melengkung secara berlebihan," kata dia.

"Dengan melakukan peregangan fleksor pinggul secara teratur, Anda dapat mengatasi ketidakseimbangan yang umum terjadi, sehingga panggul dapat kembali ke posisi yang lebih netral. Hal ini, pada gilirannya, menyelaraskan tulang belakang dengan benar, mengurangi ketegangan pada punggung bawah dan mendorong postur tubuh yang memanjang dan lebih nyaman," jelasnya.

9. Kenakan sepatu yang mendukung

Kaki juga dapat memengaruhi postur tubuh terutama jika Anda mengenakan sepatu yang tidak mendukung, demikian peringatan Taher Saifullah, MD, dokter spesialis tulang belakang dan manajemen nyeri serta pendiri Spine & Pain Institute di Los Angeles.

"Alas kaki yang tepat dapat menopang kaki, pergelangan kaki, dan tulang belakang Anda, sehingga membantu menjaga postur tubuh yang baik. Pilihlah sepatu dengan penyangga lengkungan yang baik dan hindari sepatu hak tinggi atau sepatu flat yang tidak mendukung," kata dia.

10. Kunjungi chiropractor

Menemui chiropractor untuk evaluasi dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana postur tubuh Anda saat ini memengaruhi kesehatan dan seperti apa postur tubuh yang lebih baik untuk Anda. Melakukan penyesuaian secara teratur juga dapat meredakan nyeri punggung dan leher.

"Penyesuaian chiropractic dapat menyelaraskan kembali tulang belakang Anda, melepaskan ketegangan, dan memperbaiki postur tubuh," kata Corinne Kennedy, DC, ahli tulang yang berbasis di Wisconsin dan pendiri Kennedy Chiropractic Center.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement