Rabu 18 Aug 2021 16:22 WIB

Film Animasi Disney dengan Penghasilan Tertinggi

Meski berpenghasilan tertinggi, film Frozen II mendapat banyak kritik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Frozen II menjadi salah satu film animasi garapan Walt DIsney Animation Studios berpenghasilan tinggi (ilustrasi).
Foto: Walt Disney Animation Studios
Frozen II menjadi salah satu film animasi garapan Walt DIsney Animation Studios berpenghasilan tinggi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Bukan rahasia lagi bahwa Disney menduduki puncak tertinggi sebagai studio animasi berpenghasilan tinggi. Hampir semua film animasi yang diproduksi Disney laku keras di industri film, juga sukses secara komersial.

Dari sekian banyak film animasi yang digarap Disney, manakah yang paling sukses dan menghasilkan pendapatan terbesar? Berikut lima film animasi Disney yang popular dan dicintai, serta memecahkan rekor box office sebagai hit blockbuster seperti dilansir laman Screen Rant, Rabu (18/8): 

1. Frozen II (2019) - 1,450 miliar dolar AS

photo
Frozen II - (dok Disney Animation)

 

Film sekuel dari Frozen ini berhasil menggebrak bioskop dengan sangat fantastis dengan meraih 1,450 miliar dolar AS. Menariknya, meskipun menghasilkan lebih banyak uang dibandingkan film pertama, tampaknya dari segi cerita dan sinematik film ini mendapat banyak kritik. Namun, karakter seperti Anna dan Elsa sama kuatnya kali ini. Sementara "Into the Unknown" adalah lagu luar biasa dan berhasil dianugerahi penghargaan.

2. Frozen (2013) - 1,281 miliar dolar AS

photo
Film Frozen. - (Disney)
 
 

Selama bertahun-tahun Disney selalu menyajikan film yang berfokus pada putri yang tak berdaya dan butuh diselamatkan pangeran. Namun pada 2013, Frozen berhasil melawan tren tersebut dengan beberapa cara kreatif.

Alih-alih melihat hubungan romantis antara putri dan pangeran, film ini mengeksplorasi sekelumit masalah antara adik-kakak sebagai cinta sejati pada inti cerita. Anna dan Elsa segera menjadi karakter legendaris, begitu pula lagu "Let It Go". Itu semua membantu Frozen menyabet rekor dengan 1,281 miliar dolar AS di box office seluruh dunia.

3. The Lion King (1994) - 1,083 miliar dolar AS

photo
Adegan dalam film The Lion King. - (Walt Disney Pictures)

 

Awalnya, The Lion King tidak cukup berhasil melewati angka 1 miliar dolar AS, tetapi setelah dirilis ulang akhirnya tembus 1,083 miliar dolar AS. Film ini kemungkinan besar masuk pada properti Disney yang paling menguntungkan karena menghasilkan beberapa sekuel, remake live-action blockbuster pada 2019, drama Broadway, dan banyak lagi.

The Lion King juga istimewa karena itu adalah cerita yang benar-benar original, yang tidak biasa untuk studio. Kisah kebangkitan pangeran singa menjadi raja melawan pamannya yang jahat (yang membunuh ayahnya), sekarang menjadi ikon berkat adegan emosional, musik yang berkesan, dan animasi yang bertahan beberapa dekade kemudian.

4. Zootopia (2016) - 1,024 miliar dolar AS

photo
Zootopia - ()

 

Dari waktu ke waktu, Walt Disney Animation Studios telah memproduksi banyak genre berbeda. Pada 2016, mereka mengeluarkan film Zootopia, yang mengikuti seorang perwira polisi kelinci yang optimis bekerja sama dengan rubah penipu yang licik untuk memecahkan kejahatan di dunia hewan antropomorfik.

Film berhasil mengantongi 1,024 miliar dolar AS yang dihasilkannya secara teatrikal, juga memenangkan Oscar dan sedang digarap untuk serial televisi Disney +.

5. Big Hero 6 (2014) - 657,8 juta dolar AS

photo
Big Hero 6 - (www.cinemablend.com)

 

Film yang didasarkan pada superhero Marvel Comics dengan nama sama ini melihat ikatan jenius anak muda dengan robot setelah kematian saudaranya. Mereka bekerja sama dengan orang lain untuk membentuk pasukan superhero di salah satu film unik yang dibuat oleh studio.

Itu adalah sesuatu yang mengejutkan dengan pemasukan 657,8 juta dolar AS. Bersamaan dengan kemenangan Academy Award, ini juga melahirkan serial TV "Big Hero 6" dan spin-off mendatang berjudul "Baymax!".

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement