Ahad 08 Aug 2021 16:57 WIB

Studi Ungkap Bahaya Diet Keto Bagi Kesehatan

Studi mengungkap diet keto baik diaplikasikan sebagai bagian dari terapi komprehensif

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Diet keto (ilustrasi).
Foto:

Dampak buruk lain yang ditemui oleh tim peneliti adalah diet keto dapat mempercepat terjadinya gagal ginjal pada penderita penyakit ginjal. Tim peneliti juga menyoroti adanya potensi keterkaitan antara diet keto yang diterapkan oleh ibu hamil dengan risiko kelainan tabung saraf pada bayi yang dilahirkan.

"Diet keto (yang umum dilakukan kebanyakan orang) merupakan bencana yang mendorong terjadinya penyakit. Tinggi akan daging merah, daging olahan, dan lemak jenuh, resep untuk kesehatan yang buruk," jelas ketua peneliti sekaligus manajer program edukasi ilmu gizi dari Physicians Committee for Responsible Medicine Lee Crosby RD, seperti dilansir EatThis.

Selain itu, Crosby mengatakan diet keto dapat meningkatkan risiko penyakit kronis secara umum. Terkait penurunan berat badan, Crosby mengatakan diet keto tak lebih efektif dibandingkan diet-diet penurunan berat badan lainnya.

Crosby dan tim peneliti lebih menganjurkan pendekatan yang lebih sehat untuk penurunan berat badan. Pendekatan yang lebih sehat ini meliputi konsumsi kalori secukupnya dan memperbanyak konsumsi makanan protektif, seperti sayur, buah, legum, dan biji-bijian utuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement