Jumat 06 Aug 2021 20:11 WIB

Jus Ceri, Minuman Terbaik Kurangi Peradangan Tubuh

Buah ceri asam mengandung antioksidan kuat.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Buah ceri asam mengandung antioksidan kuat.
Foto: Pixabay
Buah ceri asam mengandung antioksidan kuat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peradangan dapat terjadi di dalam tubuh dengan berbagai cara. Mulai dari nyeri otot, hingga rasa kaku pada persendian, bahkan radang kronis yang dikaitkan dengan berbagai macam penyakit.

Konsumsi makanan yang memiliki zat anti-peradangan sangat penting untuk mencegah risiko berbagai penyakit kronis, seperti kanker, jantung, diabetes dan banyak lainnya. Namun, minuman sehat yang juga mengandung zat ini tidak kalah pentingnya.

Baca Juga

“Salah satu minuman terbaik untuk mengurangi peradangan adalah jus ceri asam yang dibuat dari ceri Montmorency,” ujar Amy Goodson, penulis buku tentang nutrisi 'The Sports Nutrition Playbook', seperti dilansir Eat This, Jumat (6/8).

Menurut Goodson, ceri asam tersebut mengandung antioksidan kuat, yang dikenal sebagai anthocyanin. Peradangan terjadi dipicu oleh sistem kekebalan yang menemukan zat asing, di mana antioksidan dengan kuat mengurangi efeknya.

Goodson mengatakan antioksidan seperti anthocyanin membantu menyangga radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel. Beberapa penelitian telah menunjukkan jus ceri tart juga membantu secara peradangan yang terjadi di otot, seperti saat setelah berolahraga.

“Dalam pemulihan pasca olahraga, jus ceri tart juga dapat memberi Anda karbohidrat yang dibutuhkan untuk membantu mengisi simpanan karbohydrat yang digunakan sebagai energi selama berolahraga,” jelas Goodson.

Lebih lanjut, Goodson mengatakan penting untuk dicatat  bahwa segenggam ceri asam tidak memiliki efek yang sama. Hal ini karena jus ceri tart mengandung lebih banyak ceri dibanding apa yang Anda konsumsi sebagai camilan.

“Tergantung pada mereknya, jus ceri tart biasanya mengandung 50 atau lebih ceri asam di dalamnya, sekitar 8 ons per sajian,” kata Goodson menambahkan.

Jika ingin mengurangi potensi peradangan dalam tubuh, terutama setelah berolahraga, minumlah jus ceri asam untuk meningkatkan antioksidan. Akan sangat baik jika Anda mencampurkannya sebagai smoothie yang juga membuatnya semakin sehat dan nikmat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement