Jumat 06 Aug 2021 08:38 WIB

Ambang Batas Herd Immunity Meningkat Akibat Varian Delta

Cakupan vaksinasi Covid-19 jadi harus lebih tinggi dengan merebaknya varian delta.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Covid-19 untuk disuntikkan kepada seorang warga di Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (AL) Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (5/8/2021). Merebaknya varian delta membuat cakupan vaksinasi yang diperlukan untuk mencapai herd immunity harus di atas 80 persen dan mungkin mendekati 90 persen.
Foto:

Masker N95 menyaring 95 persen partikel yang dihindari. Menurut Emanuel, memang orang bosan dengan Covid-19, bahkan untuk mematuhi langkah-langkah kesehatan masyarakat. Tetapi bagaimanapun, untuk keluar dari pandemi, dibutuhkan kesabaran dan tekun protokol kesehatan.

"Kita sudah banyak berkorban. Kita tidak boleh menyia-nyiakannya hanya dalam beberapa bulan karena kita lelah. Kita semua lelah, tetapi kita harus melakukan sedikit ekstra untuk divaksinasi, memakai masker di dalam ruangan dan melindungi diri kita sendiri, keluarga kita, dan komunitas kita," ujarnya.

photo
Memakai masker dobel kini sangat dianjurkan - (Republika)
 

Emanuel juga menanggapi terkait kerumunan besar di festival musik Lollapalooza pekan lalu di Chicago. Menurutnya, acara seperti itu jelas "mengkhawatirkan."

"Saya akan mengatakan bahwa jika Anda akan pergi ke pertemuan seperti itu, memakai masker N95 adalah bijaksana dan tidak menghabiskan waktu terlalu lama di sembarang tempat juga bijaksana," katanya.

Ada sisi positif dari acara yang diadakan di luar ruangan dengan banyak sirkulasi udara. Namun, salahnya Lollapalooza dihadiri orang dari berbagai daerah. Hal ini menandakan orang-orang seolah merasa situasi sudah kembali normal. Padahal, kenyataanya tidak demikian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement