Jumat 06 Aug 2021 08:38 WIB

Ambang Batas Herd Immunity Meningkat Akibat Varian Delta

Cakupan vaksinasi Covid-19 jadi harus lebih tinggi dengan merebaknya varian delta.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Covid-19 untuk disuntikkan kepada seorang warga di Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (AL) Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (5/8/2021). Merebaknya varian delta membuat cakupan vaksinasi yang diperlukan untuk mencapai herd immunity harus di atas 80 persen dan mungkin mendekati 90 persen.
Foto:

SARS-CoV-2 asli membutuhkan sekitar 67 persen populasi untuk divaksinasi guna mencapai kekebalan kelompok. Franco menyebut, penyakit campak juga memiliki salah satu ambang batas kekebalan kelompok tertinggi, yakni 95 persen.

Kekebalan kelompok adalah titik di mana penduduk di seluruh dunia sudah cukup mendapatkan perlindungan. Sebenarnya hal itu sudah terjadi.

"Orang yang tidak divaksinasi sebenarnya mendapat manfaat dari perlindungan kekebalan kelompok yang lebih besar di negara dengan vaksinasi tinggi dibandingkan dengan yang vaksinasi rendah," katanya.

Maksimalkan perlindungan masker

Tidak seperti di awal pandemi Covid-19 dengan kelangkaan alat pelindung diri yang meluas, masker sekarang sudah banyak tersedia. Ini termasuk masker N95, yang menawarkan peningkatan perlindungan terhadap virus.

photo
Masker N95 bisa dipakai ulang dengan sejumlah syarat - (Republika)

Menurut Yehezkiel J. Emanuel, MD, berdasarkan rekomendasi Pusat Penngendalian dan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada 27 Juli, kebanyakan orang Amerika memakai masker di dalam ruangan ketika di tempat umum. Ia mengingatkan, masyarakat sebaiknya tak mengenakansembarang masker.

"Saya pikir kita perlu meningkatkan keandalan masker yang kita pakai," kata Emanuel, yang merupakan profesor di University of Pennsylvania di Philadelphia.

Masker yang direkomendasikan adalah yang dapat memblokir partikel 0,3 mikron. Meskipun masker bedah sangat bagus, namun tidak sebagus N95.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement