Rabu 04 Aug 2021 13:15 WIB

Pemberian ASI Eksklusif tak Mudah di Indonesia Saat Pandemi

Pakar khawatir Indonesia terputus 1 generasi akibat tutupnya layanan kesehatan dasar

Pemberian air susu ibu atau ASI sangat penting bagi kesehatan seorang bayi.

Perlu Dukungan

Menurut Nia, keberhasilan ibu bisa menyusui memerlukan dukungan semua pihak sedari ibu masih hamil sampai menyusui. Dukungan diperlukan mulai dari penyedia fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, hingga pemerintah dan keluarga inti.

"Kompetensi dan pengetahuan tenaga kesehatan terkait menyusui juga sangat penting agar ibu bisa terus dan mau menyusui anaknya," kata Nia.

Indonesia bisa mencontoh pemerintah Kenya dalam memberikan dukungan. Pada 2016, pemerintah Kenya meluncurkan Program Perawatan Bersalin Gratis senilai USD49,7 juta.

Layanan perawatan ibu gratis berusaha meningkatkan akses dan kualitas layanan perawatan kesehatan ibu, bayi baru lahir, dan anak menuju pencapaian Visi Kenya 2030 dan agenda Pembangunan Berkelanjutan.

Pakar kependudukan Universitas Indonesia Turro Wongkaren, beberapa waktu lalu kepada Anadolu Agency, mengkhawatirkan satu generasi Indonesia terputus akibat tutupnya layanan kesehatan dasar bagi bayi yang lahir di masa pandemi.

Turro berharap pemerintah Indonesia perlu memperhatikan bayi-bayi yang lahir di masa pandemi agar mereka tetap menikmati fasilitas kesehatan dasar seperti ASI maupun vaksin serta bimbingan kesehatan.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pemberian-asi-eksklusif-tidak-mudah-dilakukan-di-indonesia-di-masa-pandemi/2323369
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement