Selasa 03 Aug 2021 15:51 WIB

Obat dan Vitamin Pasien Covid-19 Pengaruhi Kualitas ASI?

Ibu yang positif Covid-19 masih boleh menyusui.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu Positif Covid-19 masih tetap dapat menyusui selama kondisinya memungkinkan.
Foto:

Nia mengungkapkan, belum ada penelitian lebih lanjut terkait penggunaan favipiravir pada manusia yang melibatkan ibu hamil dan menyusui. Karenanya, penggunaan favipiravir tidak dianjurkan pada ibu menyusui.

Masih belum diketahui apakah metabolit acetylcysteine berada di dalam ASI. Dengan begitu, penggunaan untuk ibu menyusui harus mempertimbangkan dengan matang manfaat dan risikonya.

photo
Infografis Panduan Ibu Positif Covid-19 yang Menyusui - (republika.co.id)

"Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mempertimbangkan manfaat dan efek samping sebelum ibu menyusui mengonsumsi obat-obatan tersebut," ujar dokter dari RS Pondok Indah–Bintaro Jaya ini.

Menurut Nia, daya tahan tubuh bayi yang baru lahir memang belum terbentuk sempurna, karenanya bayi masih memerlukan ASI sebagai nutrisi penting pertamanya. Ibu menyusui dan bayi juga sebaiknya mengurangi kegiatan di luar rumah guna menghindari tertular virus Covid 19.

Dukungan dan perlindungan dari keluarga dan tenaga kesehatan untuk ibu menyusui dapat menyukseskan pemberian ASI eksklusif, demi mengoptimalkan kesehatan si kecil di masa pandemi.

"Ingat, banyaknya manfaat menyusui jauh melebihi potensi risiko penularan dan penyakit yang terkait dengan Covid 19," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement