Selasa 03 Aug 2021 01:21 WIB

Cara Efektif Mengoptimalkan Kesehatan Paru

Jaga fungsi paru agar tetap optimal.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ara Wiraswara (39), seorang ASN, menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Bogor. Dari pengalaman Ara selama menjalani isolasi di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, dukungan moral sangat dibutuhkan oleh pasien.
Foto:

Berhenti merokok juga termasuk hal krusial. Pasalnya, merokok adalah salah satu penyebab utama kanker paru-paru. Hindari pula menjadi perokok pasif atau terkena paparan apapun dari karsinogen.

Apabila seseorang telah divonis mengidap kanker paru-paru, ada bentuk latihan yang bisa dilakoni untuk menjaga kondisi tubuh. Berikut beberapa di antaranya, dikutip dari laman Times Now News, Senin (2/8).

Berjalan kaki

Berjalan santai merupakan latihan aerobik yang paling mudah dan nyaman, sekaligus membantu menjaga kesehatan. Kebiasaan ini juga dapat meningkatkan kapasitas oksigen sehingga aman untuk pasien kanker paru-paru. Durasi berjalan yang disarankan adalah 150 menit setiap pekan.

Latihan pernapasan

Caranya, duduk dalam posisi yang nyaman kemudian ambil napas dalam-dalam dan tahan selama lima detik. Buat bentuk 'o' kecil dengan bibir, embuskan napas melalui mulut. Ulangi langkah tersebut minimal 10 kali.

Skuat

Mengawali latihan, berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Selanjutnya, rentangkan tangan ke arah depan. Tekuk lutut perlahan dan turunkan tubuh, lalu bawa tubuh ke posisi awal. Ulangi semua langkah itu minimal 20 kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement