Jumat 30 Jul 2021 23:48 WIB

Ashton Kutcher & Mila Kunis tak Mandi Setiap Hari, Sehatkah?

Ahli ungkap sisi medis kebiasaan keluarga Ashton Kutcher yang tak mandi setiap hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ashton Kutcher dan Mila Kunis.
Foto:

Anak di Berbagai Rentang Usia

Spesialis anak Dr Andrew Doyle menganjurkan agar bayi sebaiknya dimandikan dengan sabun sebanyak satu atau dua kali per pekan. Akan tetapi, anjuran ini tidak termasuk untuk area di sekitar penggunaan popok. Area di sekitar penggunana popok harus dibersihkan kapan pun diperlukan.

Bila tetap ingin memandikan bayi setiap hari, Dr Doyle menganjurkan agar orang tua memandikan bayi mereka dengan air saja di luar jadwal mandi menggunakan sabun satu atau dua kali per pekan. Alasannya, bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sensitif dan perlu mempertahankan minyak alaminya.

Seiring dengan bertambahnya usia anak, frekuensi mandi juga perlu disesuaikan dengan seberapa kotor tubuh mereka. Anak yang sudah memasuki usia sekolah, sekitar 5-6 tahun, perlu mandi minimal satu atau dua akli per pekan.

Selain itu, anak dalam kelompok usia tersebut juga perlu mandi setelah melakukan kegiatan yang membuat mereka berkeringat atau kotor. Mandi juga perlu dilakukan setelah anak berenang di kolam renang, laut, atau badan air lain.

Anak remaja, lanjut Dr Doyle, disarankan untuk mandi setiap hari. Di masa pubertas, tubuh remaja mengalami beragam perubahan, seperti memproduksi lebih banyak minyak pada kulit dan bau pada area ketiak.

Orang tua perlu menciptakan kebiasaan menjaga kebersihan pada anak sedini mungkin. Selain itu, orang tua juga perlu memberikan contoh dan bimbingan mengenai bagaimana cara memegang kendali atas kesehatan diri.

Agar anak tidak malas mandi, orang tua bisa membiasakan praktik mandi yang baik dan menyenangkan. Dengan begitu, kebiasaan mandi akan terbawa hingga anak tumbuh dewasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement