Kamis 29 Jul 2021 00:25 WIB

Alami Gejala Covid Toes? Ketahui Cara Merawatnya

Kemunculan Covid toes diawali dengan adanya perubahan warna pada kuku jari kaki.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Lesi ungu pada jari kaki alias Covid toes merupakan salah satu gejala Covid-19.
Foto:

Penyebab

Saat ini penelitian masih dilakukan untuk mengetahui mengapa Covid toes bisa muncul pada kasus Covid-19 dan kelompok mana saja yang rentan terhadap gejala ini. Sebuah penelitian menilai bahwa kemunculan Covid toes merupakan respons imun antivirus yang menyebabkan perubahan mikroangiopati atau penyakit pembuluh darah kecil.

Teori lain menilai Covid toes bisa jadi merupakan dampak langsung dari Covid-19. Akan tetapi, sebagian peneliti menilai gejala ini berkaitan dengan perubahan gaya hidup pasien selama menjalani lockdown atau isolasi mandiri di rumah, seperti berjalan tanpa alas kaki di rumah, tidak aktif bergerak, dan berada pada posisi sedentari untuk waktu yang cukup lama.

Sejauh ini, diketahui bahwa sebagian besar pasien Covid-19 dengan Covid toes tidak mengalami banyak gejala Covid-19 lainnya. Sekalipun mereka merasakan gejala lain, umumnya gejala yang timbul bersifat ringan dan kebanyakan dialami oleh pasien berusia lebih muda. Beberapa gejala Covid-19 lain yang kerap dialami penderita Covid toes adalah demam ringan dan sembelit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement