Rabu 28 Jul 2021 12:52 WIB

Ini Alasan Hitung Kalori tak Efektif Turunkan Berat

Fokus pada cara makanan dimasak lebih efektif dibandingkan hitung kalori

Rep: Puti Almas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gaya hidup sehat (ilustrasi). Gile Yeo, ahli genetika di Universitas Cambridge mengatakan bahwa berfokus pada bagaimana cara makanan dimasak atau disajikan adalah kunci untuk memiliki berat badan ideal.
Foto:

Yeo mengklaim bahwa daging sapi memiliki kalori lebih tinggi saat dicincang dan dimasak menjadi saus atau bolognese daripada saat digoreng sebagai steak. Ia mengatakan bahwa mencincang daging, kemudian proses memasaknya mengubah protein kolagen yang dikandungnya, membuat ini lebih mudah untuk dikunyah dan dicerna. 

“Anda bisa memasak steak medium rare dalam empat menit. Bandingkan dengan daging cincang yang ditambahkan ke lasagna yang dimasak untuk waktu lama, kemudian mungkin Anda simpan dan dipanaskan kembali,” kata Yeo. 

Yeo mengatakan makanan yang dipanaskan hingga tiga atau empat kali meningkatkan kalori. Ia menyebut bahwa steak bisa lebih Judah dicerna dan tersimpan sebagai lemar. 

Namun, Yeo mengingatkan bahwa seseorang tidak boleh mengkonsumsi daging merah lebih dari dua kali dalam seminggu. Ia mengatakan bahwa idealnya adalah makan 64 gram protein murni setiap hari untuk membantu penurunan berat badan. 

Namun, itu tidak berarti berat mentah makanan, tetapi berapa banyak protein yang dikandungnya. Sebagai contoh, dada ayam matang 150 gram mengandung sekitar 35 gram protein.

Protein membantu menahan rasa lapar dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada lemak dan karbohidrat. Ini juga dapat ditemukan dalam pilihan vegetarian seperti buncis dan lentil. 

 

“Untuk setiap 100 kalori protein yang kita makan, tubuh kita hanya menggunakan 70 kalori itu dan 30 sisanya dikeluarkan sebagai panas. Ini sangat penting dalam hal ketersediaan kalori dan penurunan berat badan, tetapi hanya sampai titik tertentu,” jelas Yeo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement