Senin 26 Jul 2021 22:48 WIB

5 Makanan Ini Picu Rambut Beruban Sebelum Waktunya

Ada makanan tertentu yang menyebabkan uban sebelum waktunya jika dikonsumsi berlebih.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ada makanan tertentu yang menyebabkan uban sebelum waktunya jika dikonsumsi berlebih.
Foto:

4. Kacang-kacangan

Sebuah studi tahun 2016 tentang uban prematur pada mereka yang berusia di bawah 25 tahun mencatat bahwa kadar feritin yang rendah, sejenis zat besi, sangat berkontribusi pada uban. Jika melihat rambut mulai beruban, cobalah unah pola makan dengan makan kacang pada waktu yang berbeda dari waktu Anda makan makanan yang mengandung zat besi, seperti daging atau cokelat.

5. Permen dan merokok

Sama seperti alkohol, merokok bisa berbahaya bagi gigi, tulang, dan kuku. Tetapi bahkan jika Anda sudah berhenti merokok dan beralih ke suplemen nikotin yang lebih dapat dimakan, rambut tetap masih bisa menderita akibatnya.

Menurut Indian Dermatology Journal, sebuah fenomena yang disebut "rambut perokok" dapat secara dramatis memengaruhi kemungkinan menumbuhkan uban sebelum waktunya. Rambut perokok dapat dipicu oleh salah satu dari berbagai cara di mana nikotin berdampak pada tubuh, seperti kekurangan zat besi, gangguan produksi estrogen, dan bahkan potensi disfungsi tiroid.

Apa pun yang dikonsumsi memang dapat berkontribusi pada rambut beruban, tetapi kemungkinan besar Anda hanya makan hal yang benar pada waktu yang salah. Hal ini berlaku untuk rambut beruban, dan terkait dengan penyerapan nutrisi.

Jika mengalami perubahan warna rambut dengan cepat tanpa alasan tertentu, jangan hanya menganggapnya sebagai stres atau masalah diet. Rambut beruban dapat mengindikasikan gangguan tiroid, masalah genetik atau alopecia, dan mungkin memerlukan perhatian medis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement