Jumat 23 Jul 2021 14:00 WIB

Bintang Contagion Serukan Percaya Sains, Jangan Hoaks Medsos

Film Contagion yang tayang pada 2011 bercerita tentang wabah infeksi virus mematikan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Matt Damon kembali menjadi sorotan setelah film Contagion yang dibintanginya menjadi pembicaraan karena kemiripan kisahnya dengan pandemi yang sedang berlangsung.
Foto:

Damon menyebut, orang lain memang tidak bisa dipaksa untuk mendapatkan vaksin. Namun, pria berusia 50 tahun itu tetap menyerukan agar orang lebih memercayai para ilmuwan daripada jatuh ke dalam perangkap informasi yang salah di media sosial.

"Tapi lihat, itu pilihan pribadi. Itulah indahnya Amerika, ini negara bebas. Dan tak satu pun dari kita akan memilikinya dengan cara lain. Tapi saya lebih percaya pada sains daripada sesuatu yang Anda baca di Facebook,” katanya.

Damon banyak diekspos sejak awal pandemi setelah filmnya tahun 2011 Contagion kembali populer. Dalam film tersebut, Damon memerankan seorang ayah yang kehilangan istrinya karena infeksi virus dan harus melindungi putri satu-satunya dari penyakit itu dengan segala cara.

Komentar Damon juga serupa dengan seruan Presiden Joe Biden, yang menyebut penyebaran informasi yang salah di Facebook dapat "membunuh orang." Dengan varian delta yang sangat menular dan menyebar dengan cepat, kasus di AS naik sekitar 70 persen selama pekan lalu. Angka rawat inap di rumah sakit telah naik sekitar 36 persen dan kematian naik 26 persen.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat Dr. Rochelle Walensky telah memperingatkan bahwa wabah di AS menjadi "pandemi orang yang tidak divaksinasi". Sebab, hampir semua kasus rawat inap dan kematian akibat Covid-19 di rumah sakit melibatkan mereka yang belum divaksinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement