Selasa 20 Jul 2021 23:35 WIB

Guru Besar FKUI: Vaksinasi Cegah Infeksi yang Belum Ada Obat

Cara vaksin bekerja dengan memasukkan sedikit sel asing agar sel imun mengenali.

Guru Besar FKUI: Vaksinasi Cegah Infeksi yang Belum Ada Obat. Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada mahasiswa di Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (19/7/2021). Pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan Polda Sulawesi Selatan dengan sasaran target sebanyak 700 mahasiswa dan 300 pelajar tersebut sebagai upaya percepatan vaksinasi nasional menuju Indonesia sehat bebas COVID-19.
Foto:

Tindakan terbaik tentunya adalah menghindari dan mencegah terjadinya infeksi Sarscov-2 dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat dan juga vaksinasi. Vaksinasi merupakan bagian dari upaya manusia 'menyekolahkan sel imun' sehingga lebih mengenal musuhnya dan dengan cepat dapat menghancurkan virus sebelum sempat memperbanyak dirinya.

Cara vaksin bekerja adalah dengan memasukkan sedikit sel asing yang memiliki 'KTP musuh' ke dalam tubuh sehingga sel imun kita akan cepat mengenali dan mengidentifikasi. Biasanya pada dosis pertama, sel imun kita baru menjalani penjajakan terhadap musuh, baru pada dosis kedua dan seterusnya sel imun kita lebih mengenali calon musuhnya sehingga cepat memproduksi dan mengerahkan bala bantuan untuk menghancurkan musuh.

"Know your enemy better (mengenali musuh dengan lebih baik), kira-kira begitulah vaksinasi akan membantu kita mencegah terjadinya infeksi yang belum ada obatnya," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement