Ahad 11 Jul 2021 20:35 WIB

5 Superfood untuk Bantu Kelola Diabetes

Diabetes bisa menimbulkan risiko kesehatan lain seperti penyakit kardiovaskular.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Diabetes (ilustrasi)
Foto:

Ikan Berlemak

Asam lemak omega 3 dalam ikan berlemak, khususnya EPA dan DHA, berkaitan dengan risiko penyakit jantung dan demensia yang lebih rendah. Seperti diketahui, penyandang diabetes memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kedua penyakit tersebut.

Beberapa contoh ikan berlemak adalah salmon, tuna, makarel, dan sarden. Penyandang diabetes bisa memilih ikan berlemak baik dalam kondisi segar maupun beku untuk dikonsumsi.

Namun, perlu dipahami bahwa konsumsi asam lemak omega 3 yang tinggi tidak dapat membantu menurunkan risiko terjadinya diabetes. Hal tersebut juga tidak dapat membantu membantu memperbaiki kontrol kadar gula darah pada penyandang diabetes menurut studi dalam BMJ.

Beri

Buah beri kaya akan nutrien dan fitonutrien. Sebagian fitonutrien dalam buah beri bisa membantu menurunkan penyerapan glukosa di dalam usus dan membuat sensitivitas insulin menjadi lebih baik.

 

 

Menurut studi dalam Food & Function di 2019 menunjukkan bahwa konsumsi buah beri secara rutin, khususnya bluberi, cranberi, stroberi, dan raspberi, dapat membantu penyandang diabetes mengelola penyakit mereka. Salah satu yang utama adalah membantu memperbaiki lonjakan kadar gula darah setelah bersantap. Manfaat ini bisa didapatkan dari buah beri dalam kondisi segar, beku, dan bahkan dikeringkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement