Ahad 04 Jul 2021 06:07 WIB

Studi: Anak-Anak tak Boleh Dipaksa Gunakan Masker

Kadar karbon dioksida capai level tak aman setelah tiga menit anak memakai masker.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Pelajar International American School di Barcelona, Spanyol tampak mengenakan masker saat ke sekolah, September 2020. Peneliti mengingatkan, anak-anak sebaiknya tak dipaksa mengenakan masker.
Foto:

Para peneliti berpendapat bahwa masalah yang dilaporkan terkait dengan penggunaan masker dapat dikaitkan dengan hiperkapnia atau penumpukan karbon dioksida dalam aliran darah. Itu dapat terjadi ketika paru-paru tidak menerima cukup oksigen dan tidak cukup karbon dioksida dilepaskan.

Karena itu, peneliti menyarankan agar para pembuat keputusan menimbang bukti kuat yang dihasilkan oleh pengukuran eksperimental, yang menunjukkan bahwa anak-anak tidak boleh dipaksa untuk memakai masker.

Peneliti lain berpendapat anak-anak tidak boleh memakai masker, terlepas dari status vaksinasi karena risiko infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) yang rendah. Tracy Beth Høeg, ahli epidemiologi dan peneliti asosiasi di University of California di Davis, pernah menuliskan opini tentang hal ini, dengan mengutip risiko yang sangat jarang dari hasil buruk seperti rawat inap dan kematian setelah infeksi virus pada anak-anak.

"Untuk alasan itu, sekolah harus mencabut persyaratan masker untuk anak-anak, terutama di luar ruangan. Mereka juga harus menghilangkan aturan penggunaan pelindung wajah, dan pembersihan mendalam, yang tidak pernah didukung oleh ilmu pengetahuan,” tulis penjelasan opini tersebut.

Pedoman tahun ajaran 2020-2021 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) menyebut bahwa agar penggunaan masker dan menjaga jarak sangat disarankan di tengah strategi mitigasi lainnya untuk mengurangi risiko infeksi di ruang kelas.

Hingga saat ini, anak-anak di bawah usia 12 tahun belum memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19 di Amerika Serikat, meskipun Pfizer mengharapkan untuk mengajukan persetujuan darurat untuk penggunaan vaksin Covid-19 pada anak-anak berusia lima hingga 11 tahun pada musim gugur. Anak-anak berusia 12 tahun ke atas melihat persetujuan yang diperluas untuk vaksin pada pertengahan Mei, dan data federal menunjukkan lebih dari 3,3 juta remaja berusia 12-15 tahun telah divaksinasi sepenuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement