Sabtu 03 Jul 2021 00:26 WIB

Vitamin dan Obat Pereda Gejala Ringan Covid-19

OTG dan orang positf Covid-19 gejala ringan dapat menjalani isoman di rumah.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen Vitamin C (ilustrasi). Orang positif Covid-19 bergejala ringan dianjurkan mengonsumsi vitamin C, B, E, serta Zinc.
Foto: Flickr
Suplemen Vitamin C (ilustrasi). Orang positif Covid-19 bergejala ringan dianjurkan mengonsumsi vitamin C, B, E, serta Zinc.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Heidy Agustin, mengungkapkan, mayoritas gejala Covid-19 yang dialami masyarakat di Indonesia adalah sesak napas (73 persen). Sementara itu, gejala demam dialami setidaknya oleh 32 persen.

"Orang tanpa gejala sekitar empat persen, sedangkan tanpa demam ada di angka 23 persen," ujar Heidy dalam diskusi daring yang diadakan PDPI, Jumat (2/7).

Baca Juga

Heidy menjelaskan, ada beberapa tingkatan gejala Covid-19 yang dialami, yakni mulai dari tanpa gejala, ringan, sedang, berat, hingga kritis. Pedoman tatalaksana Covid-19 salah satunya bisa diakses di laman papdi.or.id.

Lima organisasi perhimpuan dokter spesialis di Indonesia sudah menyusun beberapa saran dan imbauan agar orang tanpa gejala (OTG) bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. Pasien terkonfirmasi Covid-19 derajat ringan, menurut Heidy, bisa melakukan isolasi mandiri di rumah atau fasilitas pemerintah selama maksimal 10 hari.

Isolasi di fasilitas publik dilakukan apabila kondisi di rumah tidak memungkinkan, dengan berbagai alasan. Kendati demikian, secara umum, isolasi mandiri di rumah atau di fasilitas pemerintah tetap akan dipantau oleh petugas fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) selama melakukan isolasi hingga setelah masa isolasi.

"Untuk farmakologi, pasien bisa mengonsumsi vitamin C dengan pilihan antara non-acidic 3-4x500mg selama 14 hari, tablet hisap vitamin C 2x500mg selama 30 hari, atau multivitamin dengan kandungan vitamin C satu sampai dua tablet per hari selama 30 hari," ungkap Heidy.

Selain itu, orang positif Covid-19 gejala ringan dianjurkan mengonsumsi vitamin B, E, serta Zinc. Heidy juga menyarankan untuk mengasup vitamin D.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement