Kamis 01 Jul 2021 18:53 WIB

Tips Bersihkan Dapur Agar Kinclong

Gunakan soda kue untuk membantu menghilangkan tumpahan di dalam microwave.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tips membersihkan dapur modern agar kinclong (ilustrasi).
Foto: amin madani/republika
Tips membersihkan dapur modern agar kinclong (ilustrasi).

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dapur yang bersih dan tertata, dapat membuat hati siapa saja lebih tenang saat melihatnya. Sebaliknya, kondisi kotor dan berantakan boleh jadi lebih dapat memicu emosi pemilik rumah.

Karenanya, dibutuhkan langkah-langkah dan cara tepat agar dapur bersih dan suasana hati pun tenang melihatnya. Saat ini, dapur modern biasanya dilengkapi lebih banyak peralatan dapur listrik dengan anggapan lebih praktis untuk memasak. 

Berikut langkah mudah membersihkan dapur modern dengan trik tertentu, dilansir di laman gadgetbridge, Kamis (1/7):

1. Bersihkan microwave

Membersihkan microwave adalah pekerjaan sehari-hari namun sering diabaikan. Tugas ini tampaknya memakan banyak waktu, tetapi awal pembersihan ini akan membuat segalanya lebih mudah. Microwave yang bersih akan memastikan daya tahan alat dan masakan yang jugahigienis. 

Dengan menggunakan handuk kertas basah, bersihkan bagian dalam alat dan biarkan selama beberapa waktu. Gunakan soda kue, yang membantu menghilangkan tumpahan di dalam microwave.

Cara lain yang Anda gunakan adalah dengan menggunakan air dan cuka. Anda juga bisa mencoba potongan lemon menjadi irisan dalam mangkuk berisi air untuk dimasukkan ke dalam microwave selama beberapa menit. Pastikan ada uap di dalam microwave, tunggu alat menjadi dingin, dan bersihkan bagian dalamnya dengan kain atau scrub pembersih.

2. Bersihkan oven pemanggang roti

Peralatan listrik seperti oven dan pemanggang roti disarankan untuk dibersihkan secara teratur. Untuk oven, Anda dapat mencuci baki yang dapat dilepas dengan air dan pastikan sudah kering sebelum Anda meletakkannya kembali. Anda juga bisa menggunakan cuka yang dicampur dengan air untuk membersihkan bagian dalam oven.

Sebagian besar pemanggang dilengkapi dengan permukaan antilengket sehingga membersihkan pemanggang akan membantu menjaga permukaan antilengket dan membuat alat bertahan lebih lama. Manfaatkan handuk kertas basah setelah Anda selesai menggunakan peralatan tetapi pastikan panggangan telah dingin. 

Gunakan air hangat dan lap permukaannya dengan kain bersih sehingga semua sisa makanan yang menempel di pemanggang terhapus. Anda juga dapat menggunakan sikat yang direndam dalam air untuk menghilangkan partikel yang tidak dapat dibersihkan dengan handuk kertas basah. Sebelum menggunakannya kembali, pastikan peralatan kering dan bersih.

3. Bersihkan penggiling kopi

Mesin pembuat kopi yang digunakan setiap hari harus dibersihkan secara teratur, idealnya setiap hari. Ini akan mencegah pertumbuhan bakteri dan juga membuat kopi terasa lebih enak. Pembuat kopi mencampur kelembaban dan kehangatan yang merupakan tempat berkembang biak tertinggi bagi bakteri dan pertumbuhan jamur lainnya. Bagian-bagian pembuat kopi dapat dicuci dengan air hangat dan sabun. Pastikan mengosongkan wadah air dan baki tetes secara teratur. Jangan lupa untuk membiarkan tutup reservoir terbuka agar mengering.

5. Bersihkan tangki air atau air dispenser

Membersihkan tangki air atau reverse osmosis (RO) sangat penting. Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tangki air RO yang higienis dan bersih adalah dengan mengganti filter RO secara tepat waktu. Tidak hanya filter dan interior, pembersihan eksterior RO juga penting untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tangki air RO. Anda dapat menggunakan air cuka untuk membersihkan tangki RO, biarkan kering, lalu cuci dengan air RO bersih.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement