Kamis 01 Jul 2021 15:46 WIB

FDA Tarik Produk Keripik Kentang Populer

Produk keripik disebut berpotensi terkontaminasi bakteri penyebab penyakit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Produk Little Hatch pertama kali diidentifikasi berpotensi terkontaminasi pada bulan Mei. FDA menemukan bakteri penyebab penyakit dari hasil produksi perusahaan yang menawarlan keripik tortilla, keripik kentang, dan keripik sayuran itu.
Foto: www.freepik.com.
Produk Little Hatch pertama kali diidentifikasi berpotensi terkontaminasi pada bulan Mei. FDA menemukan bakteri penyebab penyakit dari hasil produksi perusahaan yang menawarlan keripik tortilla, keripik kentang, dan keripik sayuran itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengeluarkan peringatan terhadap produsen makanan bermerek Little Hatch karena masalah kesehatan serius. Produk Little Hatch pertama kali diidentifikasi berpotensi terkontaminasi pada bulan Mei. FDA menemukan bakteri penyebab penyakit dari hasil produksi perusahaan yang menawarlan keripik tortilla, keripik kentang, dan keripik sayuran itu.

“FDA memperingatkan bahwa konsumen tidak boleh membeli atau memakan produk apa pun yang dibuat oleh Little Hatch's,” tulis laporan Best Life, Kamis (1/7). 

Baca Juga

Organisasi mengatakan sementara toko masih dalam proses menarik produk ini dari rak, konsumen harus menghindari lini produk lengkap perusahaan, meliputi Saus Keju Krim Jalapeño, Queso, Queso Pedas, Medium Salsa Cabai Panggang, dan Salsa Cabai Panggang Panas yang dijual di Natural Grocers dan Lucky Market di Denver, Colorado, serta lokasi Whole Foods di Colorado, Kansas, Missouri, New Mexico, Utah, Texas, dan Wyoming.

Makanan yang ditarik diketahui terkontaminasi bakteri berbahaya yang dapat membuat sakit. FDA menemukan bakteri Listeria monocytogenes dalam sampel ritel produk yang ditarik, hingga mendorong pemeriksaan fasilitas manufaktur perusahaan. Penyelidik FDA menentukan bahwa 23 dari 149 sampel yang mereka uji selanjutnya mengandung bakteri penyebab penyakit.

Listeria monocytogenes dapat menyebabkan listeriosis, infeksi yang biasanya menyebabkan gejala seperti flu, termasuk diare, kelelahan, demam, dan nyeri otot. Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, terutama di antara individu hamil, bayi baru lahir, orang tua, dan orang yang mengalami gangguan kekebalan. Kondisi ini menyebabkan rata-rata 260 kematian di AS setiap tahun.

Jika baru saja membeli produk apa pun dari Little Hatch's, FDA menganjurkan untuk segera membuangnya dan ikuti langkah-langkah, seperti mencuci dinding bagian dalam dan rak lemari es, talenan dan meja, serta peralatan yang mungkin terkena kontak dengan bahan yang terkontaminasi. makanan. Kemudian bersihkan dengan larutan satu sendok makan pemutih klorin untuk satu galon air panas; keringkan dengan kain bersih atau handuk kertas yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Jika sudah mengonsumsi produk tersebut dan mengkhawatirkan kesehatan atau sedang mengalami gejala penyakit, disarankan segera menghubungi dokter. Pada 20 Mei lalu, Interstate Food Products, perusahaan induk Lakewood, perusahaan makanan yang berbasis di Colorado, Little Hatch's, memprakarsai penarikan sukarela dari Little Hatch's Jalapeño Cream Cheese dengan tanggal penjualan 21/05. 

Pada 28 Mei, pemberitahuan penarikan kembali dikeluarkan untuk produk Little Hatch, termasuk merek Jalapeño Cream Cheese, Queso, dan Spicy Queso. Pada 15 Juni, setelah pengujian internal yang dilakukan oleh Interstate Food Products, perusahaan tersebut mengumumkan kepada FDA bahwa merek Roasted Chili Salsa Hot juga harus ditarik kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement