Kamis 01 Jul 2021 09:52 WIB

Kebelet BAB Usai Sarapan, Kenali Makanan Pencetusnya

Ada makanan dan minuman tertentu yang merangsang sistem pencernaan.

Para ahli menyarankan Anda tidak meleatkan sarapan karena sejumlah alasan kesehatan (ilustrasi).
Foto:

Menurut Juwalita, makanan ini tidak ideal. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung berbagai zat gizi, termasuk protein dan serat agar kenyang lebih lama.

"Protein dan serat dalam jumlah cukup agar kenyang lebih lama karena makanan ini akan tinggal di lambung lebih lama, sehingga kita akan merasa kenyang dan terhindar dari mengemil berlebihan di jam berikutnya," ujar Juwalita.

Pakar kesehatan sebelumnya merekomendasikan protein, baik itu hewani maupun nabati, saat sarapan karena kandungan zat besi hem dan non-heme di dalamnya bisa mencegah kekurangan zat besi yang berujung anemia. Anda bisa menambahkan vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi, seperti buah jeruk, tomat atau paprika.

Di lain sisi, Anda juga perlu mengombinasikan berbagai zat gizi dalam menu sarapan, yakni juga memasukkan karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin, serta setidaknya memenuhi 15-30 persen kebutuhan energi harian. Soal waktu sarapan, pakar gizi dari Pergizi Pangan menyarankan sebaiknya sebelum pukul 09.00 atau sebelum Anda beraktivitas.

Mengenai BAB normal, sebenarnya tidak ada aturan baku berapa kali Anda harus melakukannya dalam sehari atau sepekan. Namun, penelitian menunjukkan, tiga kali buang air besar sehari sampai tiga kali seminggu bisa menjadi normal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement