Selasa 22 Jun 2021 00:25 WIB

4 Tempat dengan Risiko Penularan Covid-19 Tertinggi

Perlindungan yang diberikan oleh vaksin Covid-19 tidaklah 100 persen.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Warga berjalan di depan restoran (Ilustrasi). Restoran dan beberapa tempat lainnya yang menjadi lokasi berkumpulnya orang banyak tetap rawan penyebaran Covid-19, termasuk bagi orang yang telah divaksinasi.
Foto:

3. Ruang Tertutup

Komunikasi melalui telepon atau konferensi video mungkin dapat mengurangi perasaan rindu di masa-masa awal pandemi. Namun, seiring berjalannya waktu, keinginan untuk bertatap muka dengan keluarga, teman, hingga orang-orang terkasih pasti akan muncul.

Orang yang sudah divaksinasi pun cenderung merasa punya perlindungan hingga lebih kendor dalam melaksanakan protokol kesehatan, terutama berkumpul dengan orang lain di ruangan tertutup. Tidak demikian dengan Dr Fauci. 

Dia menerapkan peraturan kunjungan yang ketat di rumahnya. Dr Fauci hanya mengizinkan tamu masuk ke dalam rumahnya bila tamu tersebut sudah divaksinasi lengkap atau sudah menjalani tes Covid-19 sebelumnya.

4. Supermarket

Aktivitas belanja kebutuhan pokok tak bisa dihindari selama pandemi Covid-19. Akan tetapi, Dr Fauci menilai, penting untuk menghindari berbelanja di supermarket atau swalayan pada jam-jam ramai pengunjung.

Dr Fauci biasanya memilih untuk berbelanja di pagi hari karena cenderung lebih sepi pengunjung. Mengingat saat ini ada beberapa varian SARS-CoV-2 baru yang lebih menular, sangat disarankan pula untuk membatasi jam berbelanja. Selain itu, gunakan masker yang pas dengan bentuk wajah selama berbelanja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement