Jumat 18 Jun 2021 07:15 WIB

Efek Samping Vaksin Covid-19, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Seperti vaksin lainnya, vaksin Covid-19 juga dapat memicu terjadinya efek samping.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke warga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/6). Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meringankan dan mengatasi efek samping vaksinasi Covid-19.
Foto:

Berkonsultasi dengan dokter

Secara umum, efek samping vaksin Covid-19 akan mereda dalam hitungan hari. Namun, bila keluhan-keluhan yang muncul tampak semakin berat, segera konsultasi dengan dokter.

Coba pula untuk berkonsultasi bila gejala yang muncul berlangsung lebih dari beberapa hari. Andaikan muncul reaksi alergi, segera hubungi layanan telepon darurat atau segera cari pertolongan ke rumah sakit.

Reaksi alergi bisa berujung pada kondisi anafilaksis dan dapat memicu keluhan, seperti sesak napas hingga wajah bengkak. Oleh karena itu, reaksi alergi tak boleh dianggap remeh.

Akan tetapi, reaksi seperti ini sangat jarang terjadi. Menurut data, anafilaksis terjadi pada dua hingga lima orang per satu juta orang yang menerima vaksin Covid-19.

Memantau efek samping

Gejala yang muncul setelah vaksinasi menunjukkan bahwa vaksin tersebut sedang bekerja. Pada saat itu, tubuh sedang menciptakan antibodi dan membangun ingatan imun untuk melawan infeksi SARS-CoV-2 pada masa mendatang.

Perlu dipahami, vaksin Covid-19 tak dapat membuat seseorang menjadi sakit Covid-19. Akan tetapi, seseorang bisa saja terpapar oleh SARS-CoV-19 sebelum jadwal vaksinasi sehingga gejala Covid-19 baru muncul setelahnya. Kalau mengalami keluhan seperti gejala Covid-19 yang menetap, segera lakukan isolasi mandiri dan lakukan tes Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement