Kamis 17 Jun 2021 16:23 WIB

5 Tips Jaga Kesehatan Mata Saat Terus Terpapar Layar Gawai

Pandemi membuat kita harus menggunakan gawai lebih lama dari biasanya.

Pandemi membuat kita harus menggunakan gawai lebih lama dari biasanya.
Foto:

3. Gunakan kacamata untuk menghalangi "blue light"

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar berbahaya bagi mata kita, terutama jika kita terlalu lama atau teralu sering menatap layar gawai. Kacamata komputer, juga dikenal sebagai kacamata pemblokiran cahaya biru, kini banyak dijual dan menjadi hal umum sebagai sarana untuk mengurangi efek tekanan digital pada mata.

"Cahaya High-energy visible light (HEV), yang dilepaskan oleh hampir setiap layar optik, dihalangi oleh kacamata khusus ini. Lensa kacamata pemblokiran cahaya biru sering diwarnai dengan warna kuning muda, yang menetralkan cahaya biru dan mengurangi efek tegang pada mata yang menyebabkan mata menjadi sakit dan rusak," jelas Rajadyaksha.

Lensa pemblokir cahaya biru kerap kali secara otomatis terpasang saat Anda menggunakan gawai pada malam hari sebelum tidur atau di tempat dengan minim cahaya.

"Selain itu, bekerja di bawah lampu neon atau di ruang gelap bukanlah ide yang baik. Saat mengoperasikan gawai dan membaca dalam cahaya redup dapat memicu ketegangan mata," tambah Rajadhyaksha.

 

4. Perhatikan posisi bekerja

Pindahkan layar sehingga mata Anda sejajar dengan bagian atas monitor. Itu memungkinkan Anda melihat layar sedikit ke bawah. Selain itu, cobalah untuk menghindari silau dari jendela dan lampu.

Gunakan layar anti-silau jika diperlukan. Pilih kursi yang nyaman dan mendukung. Posisikan agar kaki Anda rata di lantai.

 

5. Terhubung dengan keluarga dan hewan peliharaan

Habiskan waktu bersama keluarga Anda, baik itu orang tua, saudara kandung, atau hewan peliharaan Anda. Menghabiskan waktu dengan satu sama lain akan membuat Anda merasa nyaman dan memberi Anda istirahat dari komputer dan desktop Anda. Anda dapat bercengkrama atau melakukan permainan dalam ruangan yang akan membuat Anda lupa dengan gawai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement