Kamis 17 Jun 2021 12:34 WIB

7 Tanda Anda Sehat Walau Sedikit Kelebihan Berat Badan

Ahli kesehatan ingatkan bugar dan aktif lebih penting dari sedikit kelebihan berat

Rep: Haura Hafizhah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Seorang siswa berlatih fitness atau kebugaran dikelilingi oleh lembaran plastik untuk memastikan jarak sosial di pusat kebugaran. Ahli kesehatan ingatkan bugar dan aktif lebih penting dari sedikit kelebihan berat
Foto:

3.Lemak Sebagian Besar ada di Pinggul bukan di Perut 

BMI tidak memperhitungkan komposisi tubuh, yang berarti melewatkan perbedaan antara massa otot dan lemak. Karena otot lebih padat dan lebih berat daripada lemak, binaragawan dan atlet profesional lainnya seperti pemain sepak bola sering dianggap obesitas atau kelebihan berat badan berdasarkan BMI mereka saja.

Direktur National Center for Weight and Wellness, Dokter Scott Kahan mengatakan banyak orang yang kelebihan berat badan menurut BMI tetapi masih sehat menurut indikator lainnya.

"Mereka berat. BMI mereka menempatkan mereka dalam kisaran obesitas. Namun pada setiap tingkat yang kami lihat, kesehatan mereka sebenarnya cukup baik. Kolesterol dan tekanan darah mereka sangat baik. Gula darah mereka sangat baik. Mereka tampaknya tidak memiliki kesehatan apapun, efek yang terkait dengan kelebihan berat badan mereka," kata dia.

4.Massa Otot Membentuk Sebagian Besar Berat Badan

BMI tidak memperhitungkan komposisi tubuh, yang berarti melewatkan perbedaan antara massa otot dan lemak. Karena otot lebih padat dan lebih berat daripada lemak, binaragawan dan atlet profesional lainnya seperti pemain sepak bola sering dianggap obesitas atau kelebihan berat badan berdasarkan BMI mereka saja. 

Seseorang yang memiliki BMI tinggi karena massa otot kemungkinan besar tidak perlu khawatir tentang masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas dan kelebihan berat badan.

5.Tes Metabolisme Anda Normal 

Direktur National Center for Weight and Wellness Scott Kahan mengatakan kepada banyak orang yang kelebihan berat badan menurut BMI, tetapi masih sehat menurut indikator lainnya.

"Mereka berat. BMI mereka menempatkan mereka dalam kisaran obesitas. Namun kolesterol dan tekanan darah mereka sangat baik. Gula darah mereka sangat baik. Mereka tampaknya tidak memiliki kesehatan apapun.  efek yang terkait dengan kelebihan berat badan mereka," kata dia.

Ini kadang-kadang disebut obesitas yang sehat secara metabolik.  Karena BMI tidak dapat secara holistik menunjukkan kesehatan seseorang, memiliki dokter untuk menguji kolesterol, tekanan darah, dan gula darah adalah cara yang baik untuk mengevaluasi bagaimana ukuran tubuh Anda benar-benar mempengaruhi kesehatan Anda.

6.Biasanya Bugar dan Aktif

Jika Anda umumnya bugar dan aktif, Anda akan lebih sehat daripada seseorang yang tidak terlepas dari BMI mereka. Menurut sebuah penelitian tahun 2007 yang dilakukan pada veteran dengan diabetes tipe 2, tingkat kebugaran seseorang memprediksi kematian mereka lebih baik daripada BMI.

 "Jauh lebih penting untuk menghindari kebugaran yang rendah daripada menghindari kegemukan," kata Ahli Jantung Carl Lavie.

7.Etnis Dapat Mempengaruhi BMI

Bergantung pada etnis Anda, BMI Anda bisa lebih atau kurang tidak sehat dari yang Anda kira. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang Asia memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2 pada BMI yang lebih rendah dan memiliki risiko kematian yang lebih tinggi karena kelebihan berat badan pada BMI yang lebih rendah.

 

Sebaliknya, orang Afrika-Amerika mungkin memiliki BMI yang lebih tinggi tanpa risiko kesehatan yang sama dengan orang kulit putih. Mereka juga cenderung memiliki lemak yang terkonsentrasi di daerah perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement