Rabu 16 Jun 2021 14:19 WIB

Tes Jalan 6 Menit Bantu Cek Hipoksia pada Anak

Kenali tanda hipoksia pada anak yang positif Covid-19.

Pulse oximeter menjadi alat yang direkomendasikan ada di rumah semasa pandemi Covid-19.
Foto:

Kementerian Kesehatan India merekomendasikan anak-anak yang hasil tes jalan enam menitnya positif harus dirawat di rumah sakit lebih awal untuk menjalani observasi dan mendapatkan tambahan oksigen. Sebab, kondisi mereka bisa berkembang menjadi hipoksia.

Tes ini tidak direkomendasikan untuk pasien yang asmanya tidak terkontrol. Dalam kasus Covid-19 yang parah, terapi oksigen harus cepat diberikan, keseimbangan cairan dan elektrolit juga harus dipertahankan, serta pemberian terapi kortikosteroid harus dimulai.

Di samping menganjurkan tes jalan enam menit, Kementerian juga mengingatkan soal penggunaan Remdesivir pada anak. Obat antivirus tersebut tidak direkomendasikan untuk anak.

Kementerian Kesehatan setempat mengingatkan, Remdesivir sebagai obat yang mendapatkan otorisasi penggunaan darurat tidak direkomendasikan untuk anak karena data keamanan dan efikasinya tidak cukup untuk anak di bawah usia 18 tahun.

Sementara itu, steroid hanya boleh dipakai untuk menangani kasus anak yang keparahan penyakitnya agak berat dan kritis di rumah sakit. Para ahli mensinyalir penyalahgunaan steroid menjadi faktor pencetus utama di balik merebaknya mukormikosis (Black Fungus) di India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement