Sabtu 12 Jun 2021 16:00 WIB

Buntut Berita Nama Lilibet, Pangeran Harry Somasi BBC

Berita BBC menyebut Pangeran Harry tak minta izin ratu untuk pakai nama Lilibet.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
 Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle. Keduanya menamai
Foto:

Meskipun laporan itu kemudian diterbitkan juga oleh media lain, Harry dan Meghan melalui pengacara dari firma Schillings yang berbasis di London mengajukan somasi. Mereka mengancam tindakan hukum terhadap pejabat BBC, mengecam klaim mereka sebagai berita palsu dan memfitnah.

Berita itu muncul hanya beberapa pekan setelah mantan penyiar BBC Martin Bashir mendapat kecaman karena menggunakan taktik menipu untuk mendapatkan wawancara TV kontroversialnya dengan Putri Diana pada 1995. Hal itu menyusul penyelidikan independen terhadap perilaku reporter dan pemimpin jaringan medianya.

Bos BBC dan Bashir telah meminta maaf atas tindakan mereka. Pangeran Harry kemudian menyebut wawancara eksplosif itu adalah awal dari akhir bagi ibunya,yang meninggal dalam kecelakaan mobil misterius di Paris, Prancis dua tahun kemudian.

Harry dan Meghan--yang mengundurkan diri sebagai bangsawan senior dan pindah ke negara asal Duchess di Amerika Serikat pada 2020 lalu--sebelumnya pernah berperang dengan media lain. Mereka berhasil menuntut pejabat di Associated Newspapers, penerbit Mail on Sunday, dan MailOnline untuk pelanggaran privasi.

Hal itu terjadi setelah publikasi pada 2019 lalu yang menyebarkan kutipan dari surat pribadi yang ditulis Meghan kepada ayahnya, Thomas Markle, pada Agustus 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement