Kamis 10 Jun 2021 12:20 WIB

Gejala Covid-19 pada Anak dan Cara Merawatnya di Rumah

Covid-19 dimulai dengan gejala yang lebih ringan pada anak, tapi kemudian bisa parah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan dari Puskesmas Cikole mengambil sampel lendir dari seorang anak untuk rapid test antigen di halaman Kantor Kepala Desa Cibogo, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (8/6). Kenali gejala Covid-19 pada anak agar bisa memberikan perawatan yang mencegah penyakitnya menjadi parah.
Foto:

Merawat anak di rumah

Lalu Bansal juga memberi rekomendasi mengenai cara menjaga keamanan anggota keluarga lain jika anak memiliki gejala Covid-19. Pertama, ia tegaskan sangat penting bahwa semua anggota keluarga tinggal di rumah sampai laporan tes Covid-19 mereka keluar. Kemudian, pastikan bahwa orang dan hewan peliharaan di rumah jauh dari anak Anda.

"Pastikan hanya satu orang dalam keluarga yang merawat anak yang sakit. Jika anak yang terinfeksi berusia di atas dua tahun, dia harus memakai masker setidaknya selama pengasuh berada di dalam ruangan," ucap Bansal.

Bansal mengingatkan agar tak biarkan anak sendirian terlalu lama dengan memakai maskernya.

"Jika anak yang sakit menggunakan kamar kecil yang sama, bersihkan kamar mandi dengan disinfektan setelah dia menggunakannya. Anggota keluarga lainnya harus membersihkan tangan secara berkala," kata Bansal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement