Jumat 04 Jun 2021 09:45 WIB

3 Cara Jamur Sebabkan Penyakit Infeksi Mukormikosis

Mukormikosis keliru diistilahkan sebagai infeksi black fungus alias jamur hitam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Pemakaman jenazah warga India yang meninggal karena Covid-19, di New Delhi, India, Sabtu, 29 Mei 2021. Kasus mukormikosis akibat jamur juga menjadi ancaman bagi pasien Covid-19.
Foto:

Dr Anna mengatakan, mukormikosis tidak dapat menular dari manusia ke manusia atau dari hewan ke manusia. Seseorang bisa terkena mukormikosis bila berkontak dengan elemen jamur dan sistem kekebalan tubuh tak cukup baik untuk memberikan perlindungan atau memiliki faktor risiko lain.

 

Spora atau elemen jamur Mucormycetes biasanya cenderung berada di tanah atau bahan organik yang membusuk. Sebagai contoh, daun, tumpukan kompos, atau kotoran hewan.

Salah satu kelompok yang rentan terhadap mukormikosis adalah pasien Covid-19, khususnya dengan derajat penyakit berat atau kritis. Kelompok lain yang juga berisiko adalah penyandang diabetes, terutama dengan kondisi ketoasidosis diabetikum, pasien sakit berat atau kritis yang menerima obat kortikosteroid atau obat penekan imun lain, pasien kanker dan penerima transplantasi organ, bayi prematur atau bayi dengan berat lahir rendah, hingga pasien HIV, pengguna narkoba suntik, dan individu dengan kondisi imunokompromi lain.

Mukormikosis bisa menyerang berbagai sistem organ dan menyebabkan munculnya beragam gejala klinis yang berkembang cepat. Tanda klinis klasik dari mukormikosis adalah timbulnya nekrosis atau kematian jaringan serta kelainan jaringan berwarna hitam atau black eschar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement