Selasa 01 Jun 2021 20:40 WIB

Trik Menyelipkan Olahraga Ringan Sepanjang Hari

Aktivitas kecil sehari-hari bisa diselipkan dengan olahraga ringan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Aktivitas kecil sehari-hari bisa diselipkan dengan olahraga ringan.
Foto:

6. Regangkan setiap jam

Samuel mengingatkan tubuh dibangun untuk bergerak, dan gerakan itu membantu menciptakan aliran darah ke kulit dan jaringan penting lainnya. “Jadi, sekali dalam satu jam, jika memungkinkan, berdiri dan meregangkan tubuh. Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang mewah, cukup melangkah ke depan, atau menyentuh jari-jari kaki Anda,” kata Samuel.

 

7. Lakukan sedikit demi sedikit latihan

Seorang ahli bedah kardio toraks dan direktur medis di The International Heart and Lung Institute Center for Restorative Medicine, Steven Gundry mengatakan latihan tidak harus dilakukan langsung selama 45 menit. “Lakukan 'latihan ngemil', atau sesi 10 menit, yang merupakan bentuk latihan cepat dan mudah yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja,” ujar Gundry.

Tujuannya adalah bergerak sepanjang hari dengan gerakan kuat yang mengkondisikan metabolisme, memulai produksi energi, membantu meningkatkan kejernihan mental, meningkatkan kualitas tidur, dan banyak lagi.

 

8. Lakukan lebih banyak gerakan

"Cara termudah untuk membakar lemak adalah dengan meningkatkan metabolisme dengan melakukan gerakan gabungan seperti squat, lunge, bench press, dan deadlift, yang menggunakan kelompok otot utama," kata pelatih pribadi dan pakar penurunan berat badan, Robert Herbst.

latihan itu membakar lebih banyak kalori selama 48 hingga 72 jam setelah latihan, karena tubuh memperbaiki otot yang rusak selama latihan, dan membangun otot baru untuk mengantisipasi bebas lebih besar di masa depan.

 

9. Latihan otot bokong

Meremas otot bokong sambil berdiri adalah cara yang selama ini diremehkan untuk meredakan nyeri punggung bawah. Latihan itu menggeser panggul ke posisi yang memungkinkannya menopang tulang belakang dengan lebih baik. Hal itu menghilangkan tekanan pada otot punggung bawah, dan membuatnya rileks. Meremasnya bokong juga langsung memperbaiki postur, membantu berdiri lebih tinggi dan tegak.

 

10. Ganti waktu gulir dengan latihan mikro

Selipkan gerakan daripada memainkan telepon genggam, misalnya push-up , squat. “Tidak masalah jenis gerakan yang Anda pilih, tetapi dengan melakukan sesuatu yang aktif dengan menit-menit ini, Anda tidak hanya menjaga darah tetap terpompa dan teroksigenasi, tetapi juga mencegah diri Anda makan sembarangan,” ujar seorang pelatih pribadi dan pelatih kesehatan yang berbasis di Austin, TX, Karen Shopoff Roof.

 

11. Letakkan jam alarm di sisi lain ruangan

 

Pemilik Montgomery County Chiropractic Center di Pennsylvania, Allen Conrad menyarankan untuk menempatkan alarm jauh dari tempat tidur, agar kita benar-benar bangun untuk mematikannya. “Siapkan daftar putar favorit yang membuat Anda bersemangat di pagi hari, yang akan membuat Anda termotivasi setelah jam alarm berbunyi. Setiap hal kecil akan membantu ketika Anda mencoba untuk bangun lebih awal,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement