Kamis 02 Mar 2023 09:24 WIB

Kabar Baik: Olahraga 11 Menit Sehari Bantu Kurangi Risiko Kematian Dini

Olahraga baik untuk kesehatan, bahkan meski cuma sebentar melakukannya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Aktivitas yang lebih mudah dilakukan, seperti berjalan kaki, juga dapat dianggap sebagai olahraga.
Foto: www.pixabay.com
Jalan kaki (ilustrasi). Aktivitas yang lebih mudah dilakukan, seperti berjalan kaki, juga dapat dianggap sebagai olahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian baru menunjukkan ada manfaat kesehatan yang didapat dari berolahraga sedikitnya 11 menit sehari. Pilihan latihan singkat itu bisa dengan berjalan kaki setiap hari, bersepeda, atau menggerakan tubuh dengan menari.

Olahraga sederhana ini dapat membantu mencegah kematian dini. Berolahraga singkat dalam sehari dapat secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 28 Februari di British Journal of Sports Medicine.

Baca Juga

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh para peneliti dari University of Cambridge di Inggris menganalisis 196 artikel yang diterbitkan, termasuk data dari lebih dari 30 juta peserta. Ini merupakan analisis terbesar dari jenisnya hingga saat ini.

Peneliti menemukan bahwa berolahraga 75 menit sepekan dikaitkan dengan risiko kematian dini 23 persen lebih rendah. Sebelumnya, jumlah latihan mingguan yang disarankan adalah sekitar 150 menit, namun kemudian peneliti menemukan bahkan setengah dari jumlah waktu tersebut juga dapat mengurangi sebanyak satu dari sepuluh kematian dini.

 

Hasil penelitian tersebut menambah semakin banyak bukti bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan, bahkan walaupun waktunya cuma sebentar. Studi sebelumnya telah menemukan olahraga dalam durasi kecil dapat bermanfaat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement