Jumat 24 Feb 2023 13:21 WIB

Bukannya Bugar, Kesalahan Olahraga Berikut Ini Malah Bikin Otot Lelah

Jika sudah rutin berolahraga tapi tetap merasa lelah, mungkin ada pemicunya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Olahraga (ilustrasi). Beberapa kesalahan ketika olahraga justru bisa menyebabkan kelelahan otot.
Foto: the88sj.com
Olahraga (ilustrasi). Beberapa kesalahan ketika olahraga justru bisa menyebabkan kelelahan otot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia, menjaga dan membangun kebugaran fisik menjadi hal yang sangat penting. Hal itu bisa dicapai dengan menjalani gaya hidup sehat dan aktif melakoni latihan kebugaran. Akan tetapi, perlu dipastikan melakukannya dengan benar.

Jika merasa sudah aktif berolahraga, namun tetap merasa lelah atau nyeri otot, mungkin ada pemicu tertentu. Berikut empat kesalahan saat latihan kebugaran yang bisa menyebabkan kelelahan otot seiring usia, dikutip dari laman Eat This Not That, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga

1. Tidak memasukkan latihan kardio

Sebaiknya tidak mengabaikan latihan kardio alias latihan aerobik, dan masukkan ke dalam rutinitas latihan kebugaran. Latihan ini penting untuk membangun stamina, meningkatkan daya tahan, dan mencegah otot lelah. Lakukan dua hingga tiga sesi latihan, masing-masing berdurasi 30 menit.

2. Melakukan latihan repetisi rendah

Kesalahan lain dalam latihan kebugaran adalah melakukan latihan dengan rentang repetisi (pengulangan gerakan) rendah. Berlatih dengan repetisi lebih rendah, membuat daya tahan otot tidak meningkat. Repetisi yang disarankan adalah 10 hingga 15 kali.

3. Tidak melatih kaki

Hanya fokus pada tubuh bagian atas dan melewatkan latihan kaki bisa menyebabkan kelelahan otot seiring bertambahnya usia. Padahal, memiliki tubuh bagian bawah yang kuat amat penting. Mulailah memasukkan latihan kekuatan tubuh bagian bawah seperti squat, lunges, dan split squat.

4. Mengabaikan latihan kekuatan dan interval

Seseorang tidak hanya kehilangan kebugaran aerobik dan daya tahan otot seiring usia, tetapi juga kehilangan tenaga dan kinerja anaerobik. Itu sebabnya sebaiknya tidak melewatkan sesi latihan kekuatan dan interval.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement