Selasa 01 Jun 2021 20:40 WIB

Trik Menyelipkan Olahraga Ringan Sepanjang Hari

Aktivitas kecil sehari-hari bisa diselipkan dengan olahraga ringan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Aktivitas kecil sehari-hari bisa diselipkan dengan olahraga ringan.
Foto: www.freepik.com.
Aktivitas kecil sehari-hari bisa diselipkan dengan olahraga ringan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengingat popularitas berbagai olahraga berat dan kelas kebugaraan, banyak orang melupakan pentingnya jenis latihan ringan. Padahal, latihan hanya duduk di lantai, dengan beberapa gerakan, dapat berdampak besar pada kebugaran kardiovaskular dan muskuloskeletal, serta berpotensi menambah tahun hidup.

Ada banyak cara berkreasi dengan aktivitas fisik dengan beberapa latihan ringan. Seorang profesor di Duke University, William Kraus, menyatakan strategi kecil itu membuat perbedaan pada hidup. “Hal-hal kecil yang dilakukan orang setiap hari dapat, dan memang menambah dan memengaruhi risiko penyakit dan kematian,” kata Kraus dilansir Eat This, Not That!, Selasa (1/6).

Baca Juga

Pakar kebugaran membocorkan bentuk latihan ringan yang dapat dilakukan setiap hari.

 

1. Bawa lebih banyak barang

"Salah satu bentuk kebugaran yang paling dasar adalah sesuatu yang disebut tas jinjing, dan ini bisa berarti membawa apa saja, entah itu dompet atau koper atau satu galon air," ujar pakar kebugaran Ebenzer Samuel. Latihan itu sebenarnya membangun kekuatan perut, lengan bawah, dan punggung, serta membakar lebih banyak kalori.

 

2. Gerakan bahu saat mengemudi

Percaya atau tidak, Anda dapat terus melatih tubuh dalam skenario tak terduga. Untuk menghindari stagnan di meja atau posisi duduk Anda, atur timer dan berdiri setiap 15-20 menit," kata Melissa Prestipino.

Selama duduk atau mengemudi, tarik kedua tulang belikat (retraksi skapula) untuk membantu meningkatkan postur tubuh yang lebih tegak dan memperkuat otot-otot tulang belikat. Saat Anda berjalan atau berdiri, dia menyarankan untuk mengerutkan dan menarik otot perut/inti Anda. Memberi isyarat kepada diri sendiri untuk menarik pusar ke arah tulang belakang dapat membantu memperkuat otot perut Anda.

 

3. Memanfaatkan fungsi incline di treadmill

Yang lebih efektif daipada berjalan aki adalah menaiki bukit. Salah satu trik yang bisa dilakukan yaitu berjalan di treadmill dengan tanjakan tinggi (kemiringan 15-20 derajat), dan berjalan dengan kecepatan lambat (sekitar 2 mph).

“Anda juga bisa meningkatkannya dengan rompi pemberat, atau Anda bisa berjalan dan bicep curl light dumbbell,” ujar pelatih pribadi yang berbasis di Hawaii, Jay Soriano.

 

4. Berjalan cepat

“Fokuskan pikiran Anda pada berjalan. Bayangkan Anda terlambat, dan berjalanlah secepat mungkin selama lima menit. Tingkatkan detak jantung Anda, hirup sedikit napas, dan Anda mungkin sedikit berkeringat,” kata pelatih kebugaran Paul Knight.

Melakukannya enam kali sehari dapat membantu membakar banyak kalori. Jalan cepat adalah cara yang sangat efektif untuk membakar lemak dan, menurut dokter, dapat memperpanjang hidup hingga 20 tahun.

Satu studi yang dirilis di jurnal Scientific Reports menunjukkan jalan cepat, bersama dengan bentuk olahraga ringan lainnya, akan meningkatkan kreativitas dan menginspirasi imajinasi. Sebuah studi sebelumnya yang diterbitkan dalam jurnal APA PsycNet menemukan bahwa berolahraga lebih banyak sebenarnya terkait dengan kemampuan untuk menciptakan inovasi lebih sukses.

 

5. Olahraga air

“Anda tidak harus menjadi perenang untuk berolahraga dengan baik di kolam renang, danau, atau laut. Menginjak air (juga dikenal sebagai dayung anjing) dapat membakar lebih dari 400 kalori per jam,” ujar pelatih pribadi dan pendiri SplasHIIT Carly Fauth.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement