Ahad 30 May 2021 21:15 WIB

5 Cara 'Berpisah' dengan Obesitas

Di tengah pandemi, banyak orang kini mengalami kenaikan berat badan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Di tengah pandemi, banyak orang kini mengalami kenaikan berat badan.
Foto:

3. Makan makanan bergizi dan mengenyangkan

Manson mengatakan pola makan berkualitas tinggi adalah sesuatu seperti diet Mediterania, yang menekankan buah-buahan, sayuran, ikan, dan minyak zaitun, kemudian rendah daging merah, daging olahan, dan makanan olahan. Fokus pada makanan bergizi yang akan membuat kenyang, bukan makanan olahan berkalori tinggi yang tidak akan kenyang.

Misalnya, ambil segenggam kacang sebagai pengganti keripik. Kacang padat nutrisi dan kaya lemak baik, yang membuat dan tidak membuat merasa mual.

 

4. Camilan buah dan sayuran

Mengemil sayuran dan buah-buahan yang rendah fruktosa bisa sangat memuaskan, sekaligus mencegah lonjakan gula darah. Manson menyarankan kubis brussel atau brokoli untuk ngemil. Untuk buah rendah fruktosa, misalnya beri, apel, pir, dan stroberi.

 

5. Jangan tinggalkan latihan

Penting memasukkan latihan ketahanan sebagai bagian dari rencana aktivitas. Latihan yang meningkatkan massa otot adalah cara meningkatkan metabolisme. Aktivitas itu juga sangat baik untuk kesehatan tulang.

 

Massa otot yang lebih besar penting untuk mengurangi risiko diabetes tipe-2. Tak perlu memiliki rutinitas olahraga, tetapi coba pertahankan gaya hidup aktif, misalnya berjalan, naik tangga, dan menghindari duduk lama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement