Sabtu 29 May 2021 15:09 WIB

Perlukah Olahraga Bila Sudah Aktif di Pekerjaan?

Pekerjaan dengan aktivitas berat justru membahayakan jantung.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Wanita berolahraga. Studi temukan tetap berolahraga meski sudah melakukan pekerjaan dengan aktivitas fisik diperlukan untuk jaga kesehatan.
Foto: EPA
Wanita berolahraga. Studi temukan tetap berolahraga meski sudah melakukan pekerjaan dengan aktivitas fisik diperlukan untuk jaga kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga ternyata tetap dibutuhkan meskipun aktivitas keseharian sudah melibatkan aktivitas fisik. Studi terbaru di European Heart Journal mencatat ada sebuah paradoks, olahraga di waktu non-kerja baik untuk jantung Anda, tetapi pekerjaan yang berat secara fisik sebenarnya meningkatkan risiko kardiovaskular Anda.

Peneliti mengamati lebih dari 104.000 pria dan wanita berusia 20 hingga 100 tahun yang menyelesaikan kuesioner tentang aktivitas selama bekerja dan waktu senggang selama jangka waktu 10 tahun. Responden juga dinilai memiliki penanda kesehatan, seperti detak jantung istirahat dan tekanan darah, serta perilaku yang berpotensi negatif seperti merokok dan minum alkohol.

Baca Juga

Mereka dilacak untuk kejadian kardiovaskular yang merugikan, yang dikenal sebagai MACE, termasuk stroke atau serangan jantung. Mereka yang melaporkan tingkat aktivitas waktu luang yang tinggi mengurangi kejadian dan kematian dini terkait MACE sekitar 40 persen dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat aktivitas rendah.

Namun, aktivitas kerja sedang mengalami peningkatan yang lebih sederhana, sebesar 13 persen. Tingkat aktivitas kerja yang tinggi dan sangat tinggi memiliki asosiasi yang paling bermasalah responden dalam kelompok tersebut memiliki risiko 15 hingga 35 persen lebih tinggi terkena masalah kardiovaskular, termasuk kematian dini. Meskipun tampaknya bergerak sepanjang hari akan menjadi pengganti yang memadai untuk olahraga terstruktur, namun tampaknya sebaliknya.

Pusat Penelitian Nasional untuk Lingkungan Kerja di Kopenhagen, Denmark, Andreas Holtermann, menyampaikan pekerjaan yang menuntut secara fisik tidak cenderung meningkatkan kebugaran kardiovaskular seperti yang dilakukan dengan berjalan cepat atau bersepeda cukup intens.

"Aktivitas itu meningkatkan detak jantung Anda dalam interval, yang meningkatkan kebugaran kardiovaskular mirip dengan stres pada otot apa pun dan kemudian melihat manfaat dari bagaimana otot menjadi lebih kuat selama periode istirahat," kata

Holtermann dilansir dari verywellfit pada Sabtu (29/5).

Selain itu, Holtermann menambahkan, pekerjaan yang sangat aktif cenderung melibatkan gerakan berulang, terutama mengangkat benda sedang hingga berat selama beberapa jam sehari. Ia mengatakan penelitian sebelumnya mengaitkan jenis aktivitas tersebut dengan peningkatan risiko penyakit jantung karena sering kali meningkatkan tekanan darah dan menjaganya tetap tinggi selama durasi aktivitas.

"Satu faktor besar lainnya adalah kurangnya waktu pemulihan yang memadai, yang tidak memungkinkan sistem kardiovaskular untuk beristirahat dan menjadi lebih kuat," ujar Holtermann.

Bersantai di akhir pekan saja tidak cukup untuk mengatasi masalah ini. "Untuk orang-orang dengan pekerjaan yang sangat fisik, dapat terasa luar biasa untuk menambahkan olahraga teratur ke dalam jadwal mingguan mereka," kata Jennifer Heisz selaku profesor di departemen kinesiologi di Universitas McMaster.

Heisz dan rekan peneliti baru-baru ini mensurvei lebih dari 1.600 orang tentang hambatan mereka untuk berolahraga. Heisz menemukan stres dan kecemasan menghalangi banyak dari mereka, terlepas dari pekerjaan mereka. Untuk orang-orang dengan pekerjaan yang sangat fisik, akan terasa sangat berat untuk menambahkan olahraga teratur ke dalam jadwal mingguan mereka.

Menanggapi temuan tersebut, para peneliti membangun perangkat berbasis bukti gratis yang mencakup saran bagi mereka yang merasa mandek. Misalnya, menekankan Anda tidak perlu menghabiskan waktu di luar kerja untuk berolahraga, karena sesi yang singkat saja dapat membuat perbedaan besar.

"Jika sedikit saja pergerakan di luar pekerjaan tampak terlalu berlebihan, strategi yang berbeda mungkin adalah mengatur ulang aktivitas kerja sehingga lebih seperti pelatihan sirkuit," ucap Holtermann.

Holtermann menyebut perlu menggabungkan berbagai jenis gerakan jika memungkinkan, dengan campuran mengangkat, duduk, dan berdiri. Melakukan aktivitas dinamis dengan intensitas lebih tinggi dan durasi lebih pendek juga lebih disukai daripada aktivitas yang lebih statis, intensitas rendah, dan durasi lebih lama.

"Hanya karena Anda bergerak di tempat kerja bukan berarti itu baik untuk sistem kardiovaskular Anda. Dalam beberapa kasus, kebalikannya mungkin benar," ucap Holtermann.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement