Jumat 28 May 2021 00:22 WIB

Tes Ibu Jari, Cara Mudah Deteksi Risiko Penyakit Jantung

Tes ibu jari menjadi cara mudah untuk mendeteksi risiko penyakit jantung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Tes ibu jari-telapak menjadi cara mudah yang dapat diandalkan untuk mendeteksi risiko penyakit jantung terkait aneurisma aorta.
Foto:

Apa itu aneurisma dan siapa yang berisiko?

Aneurisma aorta perut (AAA) adalah pembengkakan atau penggelembungan aorta. Dalam kebanyakan kasus, AAA tidak bergejala.

Dalam kasus yang jarang terjadi, aneurisma dapat menyebabkan sakit perut atau sakit punggung yang terus-menerus. Jika aneurisma aorta perut pecah maka akan menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah di perut, pusing, berkeringat atau kulit lembap, detak jantung cepat, pingsan, dan kehilangan kesadaran sehingga harus dibawa ke layanan medis.

Faktor risikonya adalah pria berusia 66 atau lebih, wanita berusia 70 atau lebih yang memiliki satu atau lebih faktor risiko tertentu. Risiko itu di antaranya ialah tekanan darah tinggi, penyakit paru obstruktif kronis, kolesterol darah tinggi, riwayat keluarga, dan penyakit kardiovaskular, seperti jantung atau riwayat strok, riwayat merokok.

Faktor risiko itu dapat dikurangi dengan berhenti merokok, makan dengan sehat, berolahraga secara teratur, dan berhenti mengonsumsi alkohol. Dr Elefteriades mengatakan, masalah terbesar dalam penyakit aneurisma adalah mengenali individu yang terkena dalam populasi umum sebelum aneurisma pecah.

Untuk menghindari aneurisma aorta mendadak, beberapa pria dan wanita di Inggris ditawarkan skrining gratis di NHS. Ini secara rutin ditawarkan kepada semua pria berusia 65 ke atas, dan wanita berusia 70 atau lebih yang memiliki faktor risiko yang mendasarinya.

Diperkirakan satu dari 92 pria yang di-skrining memiliki kondisi terkait, menurut NHS University Hospitals of Leicester. Sekitar 3.000 pria berusia di atas 65 tahun di Inggris dan Wales meninggal karena pecahnya aneurisma aorta setiap tahun, lebih dari beberapa jenis kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement