Jumat 07 May 2021 18:50 WIB

8 Hal yang Bisa Dongkrak Imunitas Menurut Peneliti

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak imunitas.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak imunitas.
Foto:

5. Kunyit 

"Penelitian telah menemukan bahwa [kunyit] dapat membantu menurunkan beberapa respon inflamasi dan membantu mengatur respon imun dalam kasus lain," kata Jarosh. 

 

6. Vitamin C 

Vitamin C mendapat acungan jempol dari van Oers. Meski menurutnya  tergantung dari mana tubuh mendapatkan vitamin C itu. 

"Sumber terbaik adalah dari buah jeruk," jelas Van Oers.

"Cukup meningkatkan vitamin C dalam bentuk vitamin [mengambil] hasil di sebagian besar vitamin C tidak diserap melalui perut," ujar van Oers.

 

7. Vitamin D 

Ada peningkatan minat publik terhadap vitamin D sejak beberapa penelitian mencatat kemungkinan hubungannya dengan respons sistem kekebalan terhadap COVID-19. 

"Peran vitamin D dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan sangat kompleks karena sistem kekebalan harus seimbang dengan sempurna," jelas Sonpal. 

Sonpal mengatakan kadar vitamin D yang rendah juga telah dikaitkan dengan infeksi yang sering terjadi. "Pada tahun 2009, sebuah studi yang didanai oleh Institut Kesehatan Nasional menemukan tingkat vitamin D yang rendah terkait dengan seringnya pilek dan influenza," ujar Sobal.

 

8. Zink 

Para ahli setuju bahwa zink atau zat seng dapat bermanfaat. Tetapi hanya jika Anda benar-benar membutuhkannya sehingga itulah mengapa selalu lebih baik untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai dengan suplemen apa pun. 

"Seng pasti dapat meningkatkan fungsi kekebalan, tetapi ini umumnya terjadi pada orang tua ketika adsorpsi seng yang normal telah berkurang," kata van Oers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement