Rabu 05 May 2021 23:43 WIB

Mikha Tambayong Tetap Rajin Olahraga Selama Pandemi

Mikha Tambayong lebih utamakan olahraga di rumah selama masa pandemi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Mikha Tambayong lebih utamakan olahraga di rumah selama masa pandemi.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Mikha Tambayong lebih utamakan olahraga di rumah selama masa pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama masa pandemi, menjaga imunitas sangat penting. Salah satunya dengan berolahraga. Namun, karena situasi pandemi banyak orang yang khawatir melakukan olahraga diluar rumah, begitu juga dengan aktris Mikha Tambayong.

"Saya sudah dari dulu sport enthusiast, selain untuk kesehatan diri sendiri tapi juga suka dengan rutinitas olahraga. Sekarang sekitar tiga sampai empat kali olahraga, kadang ikut kelas di luar atau di rumah," ujarnya dalam acara bertajuk "Kelas Online Penuh Inspirasi (KOPI) Sehat bersama Good Doctor dan Samsung Galaxy Watch, belum lama ini.

Baca Juga

Ia mengungkapkan, sebenarnya lebih menyukai olahraga yang high intensity, high paced. Sebelum pandemi, Mikha rutin boxing atau kelas-kelas yang bikin capek.

"Tapi semenjak pandemi tidak bisa ke mana-mana jadi home workout, lagi rajin pilates. Walau hanya 30 menit sudah bikin capek. Kalau tidak bisa keluar rumah, paling jogging aja di sekitar rumah," ungkapnya.

Sekarang sebagai Duta Yayasan Jantung Indonesia, ia memotivasi orang lain untuk lebih aware dengan olahraga juga nutrisi yang dikonsumsi. Ia merasa dampak olahraga dan nutrisi sangat baik untuk diri sendiri.

"Jadi semakin suka dan melakukannya dengan rutin. Kalau selesai olahraga akan releasing endorphin, bikin lebih happy, tidur jadi lebih enak," ujarnya.

Ia mengingatkan jika memang capek, jangan terlalu memaksakan untuk berolahraga. Lakukan olahraga ringan tapi tetap ada impactnya buat diri sendiri.

"Sangat mindful dengan badan, kalau badan tidak sedang fit untuk high intensity jadi paling yoga saja," lanjutnya.

Selain olahraga, Mikha juga memperhatikan nutrisi yang dikonsumsinya. Kebetulan ia mengidap autoimun, jadi sangat memperhatikan makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh.

"Mengurangi gula yang masuk ke dalam tubuh, karbohidrat yang dikonsumsi, makan yang gluten free. Ini juga impactful ke olahraga yang dilakukan. Kalau makan sembarangan akan membuat olahraga lebih cepat capek karena tubuh merasa berat ketika berolahraga," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement