Sabtu 24 Apr 2021 18:59 WIB

10 Kiat Berdamai dengan Long Covid

Gejala yang muncul selama long Covid bisa sangat mengganggu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Covid-19, Gejala long Covid rata-rata berlangsung selama enam bulan sejak infeksi terjadi.
Foto:

Jaga Pencernaan

Bila mengalami gejala terkait saluran pencernaan seperti mual, coba berkonsultasis dengan dokter untuk bisa mendapatkan obat yang tepat. Selain itu, beberapa bahan makanan seperti buah prune dan yogurt alami juga dapat membantu meringankan mual.

Hadapi Masa Sulit

Masa sulit saat sakit tak selalu harus dihadapi dengan memaksakan diri bersikap positif. Bila memang ingin menangis, persilahkan diri untuk menangis. Biarkan diri sendiri menerima dan merasakan perasaan tersebut. Selain itu, coba cari sesuatu yang dapat membantu diri sendiri untuk merasa lebih baik.

Kritis

Pada dokter dan tenaga kesehatan tentu akan berusaha memberikan usaha yang terbaik untuk membantu pasien. Akan tetapi, pasien juga perlu memperkaya diri dengan pengetahuan agar bisa membantu diri sendiri selama proses pemulihan.

Jaga Diri

Mengalami sakit dalam jangka panjang terkadang dapat mempengaruhi identitias diri. Coba untuk tetap menjadi diri sendiri seperti sebelumnya dengan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan atau disukai. Misalnya, menyanyikan lagu favorit atau mengaplikasikan lipstik meski sedang menggunakan piyama.

Menghadapi Ketidakpastian

Ada banyak hal yang masih belum diketahui terkait penyakit Covid-19 dan juga situasi pandemi. Hidup dalam ketidakpastian memang bukan hal yang mudah. Namun, bukan berarti segalanya harus terhenti dan pasien tak bisa menikmati hidup. Tetap lanjutkan hidup dan temukan kebahagiaan-kebahagiaan kecil di dalamnya sambil tetap berusaha memulihkan diri dari long Covid.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement