Jumat 16 Apr 2021 14:03 WIB

Ini 8 Rahasia Umur Panjang Pangeran Philip

Pola hidup sehat berpengaruh pada harapan hidup seseorang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
epa09123929 (FILE) - A picture dated 08 November 2012 shows Prince Philip, the Duke of Edinburgh meeting war veterans at the field of remembrance at Westminster Abbey in London, Britain. According to Royal Family, Prince Philip has died aged 99 on 09 April 2021.
Foto:

4. Diet Rendah Karbohidrat

Rincian mengenai pola makan Pangeran Philip telah menjadi misteri selama bertahun-tahun. Namun, beberapa chef kerajaan memberikan sedikit bocoran bahwa Pangeran Philip menerapkan pola makan rendah karbohidrat, mirip seperti diet Atkins.

Dalam pola makannya, Pangeran Philip lebih memprioritaskan daging, ikan, teur, sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu tinggi lemak, dan minyak sehat. Sedangkan jenis makanan yang dibatasi adalah makanan penutup bergula, gandum, lemak trans, buah dan sayur berpati, dan legum.

Menerapkan pola makan rendah karbohidrat daat membantu menjaga berat badan. Selain itu diet seperti ini juga dapat menurunkan beragam risiko penyakit yang berkaitan dengan obesitas.

5. Berhenti Merokok

Salah satu hal terbesar yang Pangeran Philip lakukan untuk kesehatannya adalah berhenti merokok. Pangeran Philip berhenti merokok beberapa saat sebelum menikah dengan Ratu Elizabeth II pada 1947.

Keputusan Pangeran Philip untuk berhenti merokok dipengaruhi oleh kekhawatiran sang ratu terhadap kematian ayahnya, yaitu George VI, akibat kanker paru. Sejak saat itu, Pangeran Philip menunjukkan tekad yang kuat untuk berhenti merokok.

Studi mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok dapat menurunkan harapan hidup hingga 7-8 tahun. Selain itu, tiap batang rokok yang dihirup sepanjang hidup rata-rata dapat memperpendek hidup sebanyak 7-11 menit.

6. Menjaga Imunitas

Pangeran Philip memiliki sistem imun yang sangat baik. Pada 2016 lalu, Pangeran Philip mengungkapkan bahwa selama 40 tahun ke belakang dia tak pernah terkena flu atau batuk pilek. Rahasia sistem imun Pangeran Philip yang baik adalah kombinasi pola makan sehat dan rutin berolahraga.

7. Mengasah Pikiran

Usia pensiun rata-rata di Inggris adalah 66 tahun. Akan tetapi, Pangeran Philip baru memutuskan pensiun dari tugas publik di usia 96 tahun. Sepanjang hidupnya, Pangeran Philip telah melakukan 22.191 pekerjaan solo, memberikan pidato sebanyak 5.493 kali, dan menjadi salah satu anggota keluarga kerajaan tersibuk.

Bekerja pada dasarnya dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan. Selain mendorong sesorang utnuk aktif bergerak, bekerja juga dapat membantu mengasah pikiran dan menjaga kesehatan otak.

8. Selera Humor

Pangeran Philip dikenal sebagai sosok yang humoris dan optimistis. Pangeran Philip kerap melontarkan pernyataan jenaka dalam berbagai kesempatan.

Studi menunjukkan, orang-orang yang gemar bercanda cenderng lebih cerdas, sehat, dan memiliki stres yang lebih rendah mengenai kehidupan mereka. Selain itu, Albert Einstein pernah mengatakan kejeniusannya berasal dari selera humor seperti anak-anak yang dia miliki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement