Ahad 28 Mar 2021 21:50 WIB

Bingung Memulai Diet? Berikut Tips dari Ahli Nutrisi

Ada banyak jenis diet tetapi sebagian orang bingung untuk menerapkan cara yang tepat.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada banyak jenis diet tetapi sebagian orang bingung untuk menerapkan cara yang tepat.
Foto:

"Saya pernah mengalami diet ketat dan kehilangan 45 kilogram sebelumnya dan saya secara fisik lebih kurus tetapi sama sekali tidak lebih sehat secara mental, jadi kesabaran dan ketekunan serta kemampuan untuk jatuh dan bangkit lagi dan lagi,” ucap salah satu pasien Younkin, Sarah.

Selain itu, jika kita merasa memiliki kelainan kebiasaan makan seperti makan berlebihan, sebaiknya kita mencari bantuan dari konselor yang mengkhususkan diri dalam hal itu. Oleh karena perjalanan penurunan berat badan sangat sulit, ahli kesehatan memberikan dua hal penting: rekomendasi penurunan berat badan berbasis sains dan akuntabilitas dari seseorang yang bukan teman dekat.

3. Memantau konsumsi makanan kita setidaknya untuk memulai

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memantau makanan mereka paling berhasil dalam menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Pelacakan tidak dimaksudkan untuk dilakukan selamanya, tetapi dapat menjadi alat yang berguna sampai kebiasaan baru muncul.

Kebiasaan adalah perilaku otomatis. Semakin banyak kebiasaan yang kita buat, semakin sedikit keputusan yang harus dibuat dan semakin banyak ruang otak yang dimiliki untuk memikirkan hal-hal lain.

Anda tentu tidak perlu melakukan ini selamanya, tetapi ini mungkin memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang seperti apa sajian oatmeal di mangkuk kita, atau berapa banyak keripik acak yang Anda makan saat Anda mencoba dan mencari tahu apa yang harus dibuat untuk makan malam.

Anda dapat memantau makanan dalam buku harian tertulis, dengan mengambil foto, di aplikasi penghitung kalori, atau kombinasi keduanya. Jika kita belum pernah melacak kalori, ini bisa menjadi awal yang baik agar kita terbiasa dengan ukuran porsi dan makronutrien (lemak, protein, dan karbohidrat).

Namun, penghitungan kalori bisa menjadi obsesif dan menjadi bumerang, membuat kita kehilangan kontak dengan sinyal rasa lapar dan kenyang. Bekerjalah dengan ahli diet terdaftar yang dapat membantu menemukan pendekatan pelacakan terbaik untuk kita  dan juga dapat meninjau makanan kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement